JATIMSIDOARJO

Pemkab Minahasa Selatan ke Sidoarjo, Wabup Subandi Kenalkan Layanan Online Kota Delta

SIDOARJO, bidiknasional.com – Wakil Bupati H. Subandi SH bersama Sekretaris Daerah H. Achmad Zaini menerima kunjungan dari Pemkab Minahasa Selatan, Propinsi Sulawesi Utara di ruang Ops Room, Kamis (16/12/2021). Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang.

Wakil Bupati Sidoarjo Subandi menyampaikan bahwa saat ini Pemkab Sidoarjo berupaya memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi.

“Masyarakat saat ini benar-benar mengharapkan pelayanan yang cepat, mudah, transparan, serta berkualitas. Dan hal ini menjadi kewajiban yang harus dilakukan pemerintah. Pemkan Sidoarjo terus berbenah dan melakukan banyak perubahan dalam pemberian pelayanan kepada masyarakat, yaitu melalui transformasi pelayanan publik ke arah digital,” terangnya.

Subandi berharap Pemkab Minahasa Selatan datang ke Sidoarjo ada hal yang bisa diperoleh. Dan Sidoarjo sangat terbuka berbagi pengalaman terutama informasi yang menyangkut inovasi.

“Digitalisasi Pelayanan publik yang sudah kami lakukan sampai dengan tingkat Desa/Kelurahan misalnya inovasi SIPRAJA (Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo), Plavon Dukcapil, dan Pengelolaan naskah dinas elektronik melalui E-buddy yang terhubung dengan seluruh Perangkat Daerah, Desa, Kelurahan, Puskesmas dan juga seluruh Sekolah,” ungkap Subandi.

Rombongan Pemkab Minahasa Selatan pada kesempatan ini juga bisa langsung dialog dengan OPD terkait yang ikut dihadirkan pada pertemuan itu. Seperti DPMPTSP, RSUD Sidoarjo, Dispendukcapil, Kecamatan Sukodono, dan Bagian Pemerintahan yang menjadi inovator sekaligus mengelola aplikasi SiPraja.

Pada kesempatan ini sekretaris Daerah menyampaikan pula tentang bnyaknya inovasi yang sudah dikembangkan oleh OPD dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat seperti adanya Mal Pelayanan Publik (MPP). MPP menjadi salah satu pilar untuk memberi kemudahan, kecepatan, keterjangkauan, keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan.

“Pemkab Sidoarjo telah memiliki dua Perangkat Daerah yang menjadi Role Model Nasional Pelayanan Publik Kategori Pelayanan Prima yaitu RSUD dan DPMPTSP, semoga tahun ini bisa diikuti oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil juga perangkat daerah lainnya,” ujar Zaini.

“Seperti RSUD dan Kecamatan Sukodono tahun ini mendapatkan apresiasi dari Kementerin PAN RB yaitu Pembangunan Zona Integritas dengan perdikat WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani), juga Dipendukcapil mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bersih dari Korupsi),” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Minahasa Selatan Petra Yani Rembang, sangat senang dengan kunjungan ini karena mendapatkan banyak ilmu tentang pelayanan publik di Sidoarjo. Karena selama ini menurut Yani, pelayanan di pemkab Minahasa Selatan dirasakan masih kurang optimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah kunjungan ini sepertinya PR kami kedepan semakin banyak lagi karena dalam upaya kami memberikan pelayanan kepada masyarakat, sangat jauh dari Kabupaten Sidoarjo. Inovasi-inovasi yang diciptakan dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat cukup bagus dan benar-benar memberikan pelayanan yang baik pada masyarakat, khususnya pengelolaan RSUD yang sangat baik dan inovasi-inovasi di Sidoarjo yang memang benar-benar layak mendapatkan penghargaan,” pungkas Yani. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button