LAMPUNG BARAT

PEMKAB LAMBAR GELAR RAPAT RENCANA INVESTASI SEKTOR PERIKANAN OLEH PT JAPTA COMFEED

LAMPUNG BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Guna menindaklanjuti paparan yang telah disampaikan oleh pihak PT. Japta Comfeed.Tbk yang berencana menanamkan investasi di Kabupaten Lampung Barat husus di sektor perikanan,Pemkab Lambar gelar rapat dengan agenda pembahasan khusus paparan dari PT.Jaota Comfeed.Tbk.

Rapat yang dipimpin Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring SE.MP. itu dihadiri Staf Ahli Bupati dan Kepala Perangkat Daerah dan Camat Lumbok Seminung bertempat di ruang rapat Sekincau Sekdakab, Selasa 5-4-2022.

Rapat tersebut dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari paparan rencana investasi di sektor perikanan oleh PT. Japfa Comfeed Tbk yang berlokasi di wilayah Lumbok Seminung.

PT. Japfa Comfeed Tbk adalah perusahaan yang bergerak dibidang produksi pakan ikan, ternak udang, pembesaran benih ikan dan udang serta pengelolaan bahan makanan ikan, sosis dan fish burger.

Untuk diketahui dalam pemaparan pihak PT.Japta Comfeed tersebut rencana nilai investasi yang dilaksanakan di wilayah Lumbok Seminung itu sebesar Rp.400 Milyar,dengan rincian peruntukan yakni senilai Rp. 150 miliyar pada Keramba Jaring Apung ( KJA ) dan Rp.250 milyar ntuk pengolahan Ikan.

Rencana investasi itu berlokasi di Danau Ranau Kecamatan Lumbok Seminung dengan kedalaman lebih dari 100m di atas permukaan air dengan menggunakan Keramba Jaring Apung (KJA) berdiameter 18-22m dengan Perkiraan penyerapan tenaga kerja sebesar 3700 orang.

Sementara untuk kapasitas produksi diperkirakan sebesar 35.000 ton pertahun.

Investasi ini dimaksudkan untuk menjawab semua kebutuhan para petani ikan terutama pada pembiayaan operasional pengiriman pasca panen yang tinggi dan perluasan penyerapan pangsa pasar,terang Waisno Sembiring.

Dalam rapat tersebut, PT. Japfa Comfeed Tbk mengharapkan sebuah dukungan dari Pemkab Lampung Barat untuk melakukan Investasi tersebut, tandasnya.

Masih dalam penjelasannya,Wasisno Sembiring menjelaskan dukungan tersebut diantaranya perizinan pemanfaatan ruang/ izin lokasi, Surat Izin Pengusahaan Air Tanah (SIPA), Persetujuan Bangunan Gedung (PBG), Izin Usaha Perikanan dan Persetujuan Lingkungan.

Dalam rapat itupun, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Wasisno Sembiring SE.MP., berharap kepada perusahaan PT. Japfa Comfeed Tbk untuk dapat bermitra dengan para petani ikan.

“Diharapkan PT. Japfa Comfeed Tbk. dapat bermitra dengan para petani ikan di wilayah lumbok seminung,.Selain itu, diharapkan PT. Japfa Comfeed Tbk dapat memberikan edukasi kepada para petani ikan dalam pengelolaan perikanan yang ramah lingkungan” terang Wasisno.

Pada kesempatan itu Asisten meminta kepada kepala Perangkat Daerah terkait untuk mencari informasi terkait lokasi yang akan menjadi rencana investasi tersebut.

” Kepada para Perangkat Daerah terutama Dinas Perikanan untuk dapat mencari informasi dari titik lokasi yang akan dijadikan rencana investasi ini,” pintanya. (FIK)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button