01/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

PERUMDA TIRTA KANJURUHAN JAMIN AKURASI METER AIR UNTUK KEPUASAN PELANGGAN

2 min read

KAB.MALANG, BIDIKNASIONAL.com – Perumda Tirta Kanjuruhan sebagai penyelenggara pelayanan publik, dalam penyediaan air bersih bagi masyarakat Kabupaten Malang, memiliki tugas untuk memastikan bahwa pelayanan air bersih dapat memenuhi standar pelayanan dari segi Kualitas, Kuantitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan. Untuk penyelenggaraan pelayanan yang dilaksanakan oleh 26 Unit.

Wahjoe Darmawan selaku Kepala Bagian Humas Perumda Tirta Kanjuruhan menyampaikan, pelayanan se-Kabupaten Malang yang sudah dilakukan Perumda Tirta Kanjuruhan memiliki strategi untuk memastikan ketersediaan air, yang mampu mencukupi kebutuhan air bagi pelanggan.

” Selain ketersediaan air baku, beberapa hal yang mempengaruhi kualitas distribusi air perlu diperhatikan. Diantaranya adalah ketersediaan meter air yang memadai atau berkualitas,” jelasnya. Jum’at, (15/7).

Ia menambahkan, Meter Air yang terpasang pada setiap sambungan rumah pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan, diperoleh melalui proses Pemasangan Sambungan Rumah Baru, bersamaan dengan paket accesoris pipa yang dipasang pada rumah pelanggan.

Dengan spesifikasi dan standar pemasangan meter air yang telah ditetapkan, diharapkan meter air dapat berfungsi optimal untuk mengetahui pemakaian air yang digunakan pada setiap pelanggan.

Meter air yang terpasang pada sekitar 138.000 pelanggan Perumda Tirta Kanjuruhan, harus dipastikan dalam kondisi terawat, dan dapat dibaca dengan jelas, melalui proses pembacaan meter air setiap bulannya.

” Untuk memastikan kondisi meter air tersebut, Perumda Tirta Kanjuruhan telah menetapkan program meterisasi dan uji akurasi meter air. Meterisasi dilaksanakan Perusahaan untuk mengganti meter air pelanggan, yang telah tidak akurat ataupun kondisinya rusak,” paparnya.

Wahjoe melanjutkan, untuk tahun 2022 ditargetkan sekitar 3000 meter air akan diganti, hal ini dilakukan agar penggunaan air dapat diketahui secara akurat oleh dua belah pihak, yaitu pihak Perumda Tirta Kanjuruhan dan pihak pelanggan.

” Sedangkan untuk mengetahui akurasi meter air yang terpasang pada pelanggan, selain bukti kalibrasi dari pabrikan terhadap meter air yang akan dipasang, Perumda Tirta Kanjuruhan juga secara runtin melakukan pemeriksaaan meter air secara sampling, melalui program Uji Akurasi Meter Air,” tandasnya.

Menurut Wahjoe, Program Uji Akurasi Meter Air ini, yang dilaksanakan oleh Bagian Hubungan Langganan ini, selain berdasar rencana yang ditetapkan, dapat pula dilaksanakan berdasar permintaan pelanggan. Untuk tahun 2022, direncanakan akan melaksanakan uji akurasi meter air pada sekitar 13.000 meter air pelanggan atau ± 10 % dari jumlah pelanggan. Untuk pelaksanaan meterisasi dan uji akurasi meter air dilaksanakan tanpa biaya yang dibebankan ke pelanggan atau GRATIS.

“Dengan pelaksanaan dua program diatas, diharapkan dapat memenuhi kepuasan pelanggan dari sisi ketepatan pembacaan meter air. Sehingga pembayaran tagihan rekening air pelanggan dipastikan telah sesuai dengan pemakaian air pelanggan,” tutupnya.

Laporan: NN

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.