INDRAMAYUJABAR

Anggota Komisi lX DPR RI Netty Prasetiyani Gelar Sosialisasi KIE Makanan Sehat di Indramayu

INDRAMAYU, BIDIKNASIONAL.com
Anggota Komisi lX DPR RI Netty Prasetiyani Heryawan menggelar sosialisasi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), diadakan di aula Masjid Abdul Manan Islamic Center Kabupaten Indramayu, Senin (18/7/2022).

Netty mengatakan, kegiatan hari ini adalah sosialisasi komunikasi informasi dan edukasi tentang kesadaran terhadap keamanan pangan, karena pangan ini adalah kebutuhan yang sangat fundamental atau mendasar.

“Untuk masyarakat pemerintah harus memperhatikan regulasi pendampingan terhadap peredaran pangan yaitu obat dan makanan yang dikonsumsi pada masyarakat,” kata Netty.

“Bagaimanapun obat dan makanan yang baik dan sehat tentu akan berdampak pada kualitas kesehatan masyarakat, sebaliknya jika makanan dan obat tidak terawasi dengan baik bisa saja ada obat palsu, ada makanan yang mengandung pewarna dan pengawet yang berbahaya tentu akan berdampak juga pada kesehatan fiskal, karena produktifitas akan menurun dan kesehatan terganggu,” sambungnya.

Netty menambahkan, pihaknya berharap ditataran keluarga memiliki kemampuan untuk mengubah perilaku yang buruk, kebiasaan yang tidak baik, termasuk juga membantu pemerintah dan terus melipat gandakan pengetahuan masyarakat tentang kesadaran pangan aman ini.

“Mudah-mudahan cara seperti ini kita bisa membangun ketahanan nasional kesehatan kita,” ucapnya.

Dikatakan, peserta dalam acara ini terdiri dari berbagai unsur dari kader PKK, tokoh masyarakat, tokoh agama, Pendidik (guru), dan secara bergilir akan libatkan para pelaku usaha (produsen).

“Karena bukan hanya konsumen yang harus cerdas dan memiliki kesadaran, para pelaku usaha juga perlu dibina agar tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya bagi masyarakat,” terang Netty.

Dikatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama kemitraan antara komisi lX DPR RI dengan BPOM, ini salah satu bentuk kegiatan yang memang dimaksudkan untuk melihat kemana kesadaran masyarakat dan apa yang perlu dilakukan.

Dikatakan Netty, dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Sekda Indramayu dan, pihaknya juga memerlukan dukungan dari pemerintah Indramayu dan kawasan sekitarnya, untuk mendirikan Loka POM di Indramayu.

“Pemerintah daerah juga mendukung penuh karena Indramayu sekarang ekonomi sedang berdenyut dan semakin menggairahkan industri pangan dan wisata kulinernya,” katanya.

Lebih lanjut, Netty mengatakan, maka diperlukan Loka POM yang tentu membuat masyarakat pelaku usaha tidak harus pergi ke Tasik atau ke Bogor untuk mendapatkan ijin, karena makanan pangan juga perlu ijin.

“Kita berharap di Indramayu bersegera mengajukan ke BPOM untuk dibangun loka POM di Indramayu ini, loka POM ini struktur dibawah badan POM,” ucap anggota DPR RI Komisi lX Netty Prasetiyani.

Laporan: Candra

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button