LAMPUNGPESISIR BARAT

BUPATI PESISIR BARAT TERIMA DIPA APBN DAN BUKU ALOKASI TKD TAHUN ANGGARAN 2023

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menyerahkan DIPA APBN TA 2023 dan TKD kepada Bupati Pesisir Barat,Agus Istiqlal (Foto.dok: Taufik)

PESISIR BARAT, BIDIKNASIONAL.com
Gubernur Lampung, Ir.Arinal Djunaidi menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Anggaran Transfer Ke Daerah (TKD) Tahun Anggaran 2023 kepada Satuan Kerja Kementerian/Lembaga (K/L) di Provinsi Lampung serta Perangkat Daerah (OPD) dan Kabupaten/ Kota se- Provinsi Lampung.

Acara penyerahan dilaksanakan di Ballroom Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa 6-12-2022.

Kepala Dinas Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat Suryadi,S.IP.,MM melalui selulernya kepada bidiknasional.com menjelaskan, untuk Kabupaten Pesisir Barat sendiri diterima langsung oleh Bupati Agus Istiqlal.

Hadir mendampingi Bupati pada kesempatan itu yakni Inspektur Kabupaten Pesisir Barat, Hendri Dunan, S.E., S.H., M.H, Kepala Dinas Kominfotik Persandian, Suryadi, S.IP.,MM.

“Untuk APBN Tahun Anggaran 2023 ini mengusung tema ” Optimis dan tetap Waspada,” lanjut Suryadi.

Gubernur Arinal Djunaidi saat menyampaikan sambutan terkait penyerahan DIPA APBN TA 2023 dan TKD dihadapan para Bupati dan Walikota serta para undangan

Dalam sambutannya, dijelaskan Suryadi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi menyampaikan bahwa menjadi tugas Gubernur selaku Wakil Pemerintah Pusat di Daerah untuk melaksanakan penyerahan DIPA APBN dan TKD kepada seluruh Satker Instansi Vertikal di Provinsi Lampung, Perangkat Daerah Pemerintah Provinsi Lampung serta Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung.

Dari total Belanja Negara tahun 2023 sebesar Rp3.061,2 triliun, dialokasikan ke Provinsi Lampung sebesar Rp30,0 triliun dalam bentuk belanja Kementerian dan atau Lembaga(K/L) sebesar Rp9,03 triliun dan TKD sebesar Rp20,98 triliun.

Gubernur Lampung juga mengajak para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pimpinan/Kepala Daerah di Provinsi Lampung, dan semua pihak yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan agar dapat menjaga amanah tersebut dengan baik.

“Menggunakan DIPA dan TKD TA 2023 dengan baik, sehingga memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Gubernur Lampung, terang Suryadi.

Masih dari keterangan Suryadi, dalam sambutannya Gubernur Arinal juga memaparkan untuk alokasi belanja K/L untuk Provinsi Lampung, sebesar Rp9,03 triliun (sekitar 30,09%) tersebut akan dialokasikan kepada K/L yang terdiri dari 458 Satuan Kerja (Satker).

Sedangkan untuk Alokasi TKD dianggarkan sebesar Rp20,98 Triliun (69,91%) meliputi DBH Pajak dan Sumber Daya Alam, Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik, Dana Alokasi Khusus(DAK) Non Fisik, Dana Insentif Daerah(DID) dan Dana Desa(DD).

Gubernur Lampung menyampaikan sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo untuk melakukan percepatan realisasi APBN maupun APBD khususnya belanja modal dan belanja sosial.Pemerintah Provinsi Lampung sendiri menempati urutan pertama untuk realisasi belanja APBD Provinsi se-Indonesia Tahun Anggaran 2022 dengan capaian 77,51%.Ini berdasarkan data Kemendagri pemutakhiran laporan per 18 November 2022 dan mendapatkan apresiasi dari Sekjen Kementerian Dalam Negeri,” katanya.

Gubernur Lampung menuturkan dalam memanfaatkan APBD dan APBN agar dilakukan secara cermat, efektif dan tepat sasaran dengan tata kelola yang baik untuk kepentingan rakyat.

“Dengan semangat persatuan, harapan kita bersama dapat terwujud dan perekonomian bangkit serta menguat kembali,” ujarnya.

Gubernur Lampung mengajak untuk bersama-sama dalam rangka pengendalian inflasi agar tetap terjaga pada titik keseimbangan sehingga perekonomian kita tetap dapat tumbuh positif.

“Kita perlu bersama-sama mengantisipasi melalui sinergi kegiatan yang bertujuan untuk pengendalian inflasi di Provinsi Lampung, dengan menerapkan strategi 4K yaitu Ketersediaan pasokan, Keterjangkauan harga, Kelancaran distribusi, serta Komunikasi yang efektif,” katanya.

Selain itu, meminta kepada Aparat Penegak Hukum, Perangkat Daerah serta lembaga terkait lainnya agar terus meningkatkan koordinasi dan komunikasi yang baik.

“Mari bersama membangun Negeri dengan semangat kebersamaan. mengajak untuk selalu bekerjasama dan saling mendukung, dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara, mewujudkan visi Indonesia Maju dan Rakyat Lampung Berjaya,” katanya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan ( DJPb )Provinsi Lampung Muhammad Dody Fachrudin melakukan penandatanganan Nota Kesepakatan kerjasama peningkatan kualitas pengelolaan keuangan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, tutup Suryadi.

Laporan: TAUFIK

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button