JATIMSURABAYA

Ultah Perak PJI Ke 25, Semarak

● Gelar Kehormatan & Penghargaan Wakil Ketua DPRD Surabaya AH.Thoni

SURABAYA, BIDIKNASIONAL.com – Puncak perayaan Ultah Perak PJI ke 25 tahun berlangsung semarak di Hall Maspion IT Surabaya, Senin, 28/8/2023. Dalam kesempatan itu Ketua Umum PJI (Persatuan Jurnalis Indonesia), Hartanto Boechori menggandeng Perjakin (Perkumpulan Pengacara Pajak Indonesia) dan Lions Club Surabaya Sejahtera ikut meramaikan acara.

Dalam perhelatan akbar itu PJI memberikan “Gelar Kehormatan & Penghargaan” kepada Wakil Ketua DPRD Surabaya Drs. A. Hermas Thony, MSi. sebagai Tokoh “Penggerak Budaya Juang Kota Pahlawan Surabaya”.

Surat Keputusan PJI tentang Gelar Kehormatan & Penghargaan kepada Drs. A. Hermas Thony, MSi bernomor 057/DPP/SK-SUS/VIII/2023 beserta Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Umum PJI kepada AH. Thony.

● Seminar Perpajakan Petrus Loyani

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Umum Perjakin, Petrus Loyani ‘didapuk’ sebagai pembicara tunggal dalam Seminar Perpajakan pada sesi kedua dimoderatori Ketua Umum PJI. Dijelaskan, kasus perpajakan sebagai kejahatan ekstra ordinary bukan kejahatan biasa. Implikasinya sangat luas dan merugikan bangsa dan negara.

Pria berambut putih itu menyampaikan kegeramannya atas permasalahan korupsi yang dilakukan para petugas pajak di bawah Kementerian Keuangan serta kekurang tegasan KPK mengungkap perkara korupsi perpajakan. “Dalam kasus Rafael Alun Trisambodo misalnya, seharusnya KPK mengembangkan sampai pemilik uang suap. Bukan hanya konsultan pajak dan petugas pajaknya saja”, ujar Petrus.

Dirinya juga mengungkapkan kegelisahan atas kurangnya jurnalis perpajakan. Untuk itu disepakati peningkatan kerjasama dengan PJI dalam hal pengungkapan kasus kasus perpajakan dan pendirian media khusus perpajakan dan ekonomi bisnis.

Panitia HUT PJI kali ini digawangi oleh Agus Setiawan,S.AB, CEO Rajawalimedia.net. Acara dibuka pukul 10.30 wib dengan tari Remo, dilanjutkan lagu Indonesia Raya dipimpin April jurnalis LensaNusantara.co.id. Pembacaan Kode Etik Jurnalistik sebagai budaya PJI dalam setiap acara dibacakan Aditya Prawira, jurnalis Rajawalimedia.net. Dan doa dipimpin Sutriono jurnalis Suarajatim.com.

Seremonial sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia, Agus Setiawan, Ketua Lions Club Surabaya Sejahtera, Tatik, SH, Perjakin diwakili Gideon Ketua DPW Jatim dan terakhir Ketua Umum PJI.

Dalam penjelasan nya mengenai seputar HUT PJI Ke 25 tersebut, Ketua Umum PJI menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada Panitia beserta seluruh anggota panitia yang telah bekerja ekstra keras menyukseskan acara.

Selain itu juga disampaikan terima kasih kepada para pendiri PJI, Almarhum Darwin Hulalata, SH. dan kawan kawan. Dikatakan, pendiri PJI yang masih hidup tinggal bung Junius Tarigan yang sudah lama sakit dan Amir Chandra sekaligus sejarah singkat PJI.

Buchori menyampaikan keunikan UU Pers sebagai satu-satunya undang-undang yang tidak mempunyai PP (Peraturan Pemerintah) sebagai aturan pelaksanaan undang-undang. “UU Pers adalah tanpa Peraturan Pemerintah terlebih dahulu, beda dengan yang lain dan hasil perjuangan kita, para organisasi jurnalis agar pelaksanaan UU Pers tidak ada campur tangan Pemerintah. Dan disinilah relevansi serta perlunya Dewan Pers sebagai bagian Pers bersama Organisasi Wartawan, secara independen membuat Aturan/Peraturan Dewan Pers sebagai pengganti Peraturan Pemerintah”, jelasnya.

Dirinya juga menitipkan pesan kepada para Pemangku Jabatan yang hadir agar memahami peran Pers, peran Dewan Pers dan peran PJI sebagai Organisasi Jurnalis serta agar tidak gegabah memproses aduan atau laporan terkait pemberitaan Pers.

Selanjutnya, Seluruh Pejabat yang hadir dan Undangan VVIP pada pelaksanaan Ulang Tahun PJI ini, mendapatkan Kenang-kenangan eksklusif dan unik, diserahkan oleh Ketua Umum PJI, dilanjutkan foto bersama.

Adapun Sesi pertama pagi hari ditutup makan bersama “Tumpeng Raksasa” sumbangan Direktur Reskrim Khusus Polda Jatim, Kombespol Farman dan ‘Tumpeng Nasi Kuning bu Susy Skut Café’ serta 250 ‘Nasi Kotak Skut Café’ dengan diiringi suara merdu penyanyi cantik.

● UKW PJI Ke 8 Kerjasama dengan Unitomo Surabaya

Sebelumnya, rangkaian acara perayaan “Ultah Perak” PJI diisi Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Pra UKW anggota PJI ke-8, 6-8 Agustus 2023 di Hotel Narita Surabaya, bekerjasama dengan Lembaga UKW Unitomo diikuti 27 jurnalis anggota PJI.

Rangkaian perayaan selanjutnya “Diklat Jurnalistik 25th PJI” di Maspion IT, Minggu 27/8 diikuti 68 peserta anggota PJI. Narasumber Utama Ketua Umum PJI Hartanto Boechori, Wartawan Utama, memberikan “materi UU Pers, pemberitaan ramah anak, pedoman media siber, Kode Etik jurnalistik dan dasar jurnalisme investigasi”. Sugeng Priyadi pemateri “manajemen media era digital”, Budi Santoso Redaktur Pelaksana Media BIDIK NASIONAL sekaligus Humas PJI, Wartawan Kompeten Madya memberikan materi “Cara Mudah Menulis Karya Jurnalistik” dan Gunaryo Handajia Wartawan Kompeten Muda memberi pengetahuan praktek Pra UKW Muda.

Laporan: Red

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button