JABARPANGANDARAN

Ratusan Juta Anggaran DBHCHT Digelontorkan, Kabid Pertanian Pangandaran Terkesan Menghindar?

Pembangunan perbaikan jalan produksi tembakau rabat beton di Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran (dok.foto: Asep Sujana BN.com)

PANGANDARAN, BIDIKNASIONAL.com -Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) Kabupaten Pangandaran digelontorkan untuk perbaikan jalan produksi tembakau.

Kelompok Tani Sukasari Bantarsari Desa Kertajaya Kecamatan Mangunjaya Kabupaten Pangandaran dipenghujung tahun 2023 mendapat bantuan perbaikan jalan produksi tembakau.

Kaum petani Tembakau merasa bersyukur ketika Kabupaten Pangandaran sedang sulit , Kabupaten Pangandaran masih peduli dengan kaum petani dengan direalisasikan pembangunan jalan produksi.

Ditemui bidiknasional.com (bn.com), CV. Cipta Rizky Utama, pemborong asal Pangandaran bernama Lukman selaku pemenang tender berusaha keras untuk menyelesaikan pembangunan jalan rabat beton tersebut. Dengan didukung kaum Petani Tembakau sendiri sebagai tenaga kerjanya dan dibantu oleh tenaga profesional di bidangnya.

Panjang jalan produksi sekitar 230 meter dengan lebar 2 meter telah rampung di kerjakan dengan anggaran sebesar kurang lebih Rp.158.266.700- , sumber dana berasal dari DBHCHT Kabupaten Pangandaran.

Menilik hal ini, Ketua APTI Pangandaran Ahmad mengutarakan, merasa terbantu dengan dibangunnya jalan produksi tembakau ini.

” Masyarakat sekitar lingkungan tersebut bersukur telah mempunyai jalan yang layak. Ini tentunya atas peran serta semua pihak baik itu pemerintah desa dan pemerintah kabupaten melalui Dinas Pertanian” ujarnya.

Terpisah, Kabid Pertanian Pangandaran Restu saat dihubungi bn.com melalui WhatsApp tak kunjung di angkat.

” Penggunaan anggaran DBHCHT menjadi transparan apabila dinas penerima anggaran berani memberikan keterangan terperinci kepada awak media selaku kontrol sosial. Jangan terkesan menghindar,” kata sumber yang tidak ingin disebutkan namanya.

Awak media berusaha menemui Kabid Pertanian Pangandaran di kantornya, namun belum berhasil. Saat resepsionis dan penjaga tamu di depan didatangi Wartawan, nampak sebagain staf duduk manis sambil main handphone nya.

Laporan: Asep Sujana

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button