PASAMANSUMBAR

Prestasi MTQ Turun, Ini Tanggapan Kabid Kesra Kabupaten Pasaman

Kantor Bupati Pasaman (dok.foto: ist)

PASAMAN, BIDIKNASIONAL.com – Kabag Kesra Pemkab Pasaman, Gunawan menanggapi penurunan prestasi oleh Kabupaten Pasaman di ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke-40 tahun 2023 tingkat Sumatera Barat di Solok Selatan, dibandingkan dengan MTQ sebelumnya tahun 2019 dan 2021.

Gunawan mengklaim tidak ada kendala bagi Kabupaten Pasaman dalam mengikuti MTQ ke-40 tahun 2023 di Solok Selatan meskipun perolehan peringkat 10.

“Tidak ada kendala, kita sudah siapkan kafilah dari jauh jauh hari sudah kita TC kan selama 5x dalam waktu 5 bulan kita sudah keluarkan semua yang terbaik yang kita miliki mungkin kab/kota lain lebih siap dari kita”, kata Kabag Kesra Pemkab Pasaman, Gunawan, Selasa (18/12/23).

Gunawan pun menegaskan untuk MTQ berikutnya akan lebih intensifkan lagi pembinaan terhadap kafilah.

Sebagaimana diketahui MTQ sebelumnya, Kabupaten Pasaman meraih peningkatan prestasi yang mengesankan dalam MTQ Nasional tingkat Sumatera Barat. Lonjakan yang menggembirakan dari peringkat ke-9 pada MTQ ke 38 di Kota Solok tahun 2019 lalu, tahun 2021 berhasil memperoleh peringkat ke-4 pada MTQ ke 39 di Kota Padang Panjang. Kini Pasaman harus menyaksikan penurunan yang tak terduga saat berkompetisi di MTQ ke-40 tahun 2023, jatuh ke peringkat ke-10.

Dalam penutupan MTQ ke-40 tahun 2023 di Solok Selatan, Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy, mengapresiasi Kabupaten Solok Selatan yang telah berhasil menggelar MTQ tingkat Sumbar dengan sukses sejak awal pembukaan sampai dengan penutupan.

Atas nama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, Audy menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Bupati Solok Selatan, Khairunas serta seluruh jajarannya yang telah berhasil sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang telah mendukung pelaksanaan MTQ di Kabupaten Solok Selatan,” ujar Audy.

Menurut Audy, MTQ telah melahirkan persaudaraan antar kafilah dari berbagai daerah. Terimakasih kepada seluruh panitia dan dewan hakim yang sudah melaksanakan tugas dengan amanah.

Audy Joinaldi mengucapkan selamat kepada kafilah Limapuluh Kota yang menjadi juara umum dan yang belum juara tetap semangat untuk MTQ selanjutnya.

“MTQ ini jangan semata-mata dimaknai sebagai wahana berlatih dan melantunkan firman Allah, lebih dari itu ajang ini harus dimaknai sebagai jalan edukasi umat untuk semakin memaknai dan membumikan Alquran,” tukas Audy Joinaldy, Minggu (17/12).

Berikut 10 Besar Juara MTQ Nasional ke-40 tingkat Provinsi Sumatera Barat:

1.Kabupaten Limapuluh Kota dengan poin 83
2.Kota Padang dengan poin 66
3.Kabupaten Agam dengan poin 56
4.Kabupaten Solok Selatan dengan poin 50
5.Kabupaten Padangpariaman dengan poin 42
6.Kota Solok dan Kota Pariaman dengan poin 41
7.Kota Bukittinggi dengan poin 41
8.Kabupaten Tanah datar dengan poin 39
9.Kabupaten Solok dengan poin 22
10.Kabupaten Pasaman dengan poin 21

Laporan: Rf

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button