MATARAMNTB

Dikbud NTB Raih Anugerah BPMP NTB AWARD 2023 atas Layanan Pendidikan Transformasi Pendidikan Khusus

Kadikbud NTB Terima Penghargaan Anugerah BPMP NTB AWARD 2023 atas layanan pendidikan Transformasi Pendidikan Khusus (dok.foto: Aini BN.com)

MATARAM, BIDIKNASIONAL.com – BPMP Provinsi NTB menyelenggarakan kegiatan Anugerah BPMP NTB Award tahun 2023. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk apresiasi dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Nusa Tenggara Barat terhadap Pemerintah Daerah, Sekolah, maupun stake holder lainnya yang ikut menjalankan advokasi Kebijakan Merdeka Belajar (KMB) kepada pemerintah daerah (Pemda). Bertempat di Hotel Lombok Raya. Selasa 19/12/23.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan peserta berjumlah 283 yang terdiri dari unsur Sekolah Penerima Penghargaan, Pemerintah Daerah Prov/Kota/Kab, Dinas Pendidikan Prov/Kota/Kab, PGRI, Dewan Pendidikan, Bappeda, Koordinator MKKS perjenjang, HIMPAUDI, Korwas Dikdas dan Dikmen, Penilik Sekolah, FOPSI, Kantor Bahasa Provinsi NTB, BGP Proponsi NTB, IGI, dan BPMP Provinsi NTB.

Penganugerahan BPMP NTB Award ini menjadi momentum bagi UPT Kemendikbudristek untuk menguatkan ekosistem pendidikan yang sinergi antara pemerintah daerah dan UPT Kemendikbudristek.

Dalam acara tersebut terdapat 9 nominasi untuk kategori Pemda dan 4 kategori untuk satuan Pendidikan.

Untuk 9 nominasi kategori Pemda diberikan yaitu; Dukungan Pemerintah Daerah terhadap Transformasi Pendidikan Khusus, Partisipasi Pemda dalam Program Sekolah Penggerak, Percepatan Digitalisasi Sekolah, Realisasi Bantuan Operasional Satuan Pendidikan, Pemenuhan Anggaran dalam Standar Pelayanan Minimal Pendidikan, Pemanfaatan Rapor Pendidikan, Kinerja Pelaksanaan Asesmen Nasional, Kualitas Data Dapodik, Partisipasi dalam program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran.

Sedangkan dalam 4 kategori untuk satuan pendidikan yaitu; Sekolah dengan Tingkat Aktivasi Akun Belajar.id Tertinggi, Sekolah PENGGERAK dengan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar untuk Peningkatan Kompetensi Guru, Sekolah dengan Kualitas Data Dapodik, Sekolah dengan Implementasi Kampanye Sekolah Sehat Terbaik.

Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi NTB, Katman mengatakan pemberian penghargaan tersebut bagian dari bentuk apresiasi terhadap pemerintah daerah maupun sekolah. Selain itu, dengan adanya penganugerahan ini pemda bisa lebih fokus dalam implementasi kebijakan untuk transformasi pendidikan.

“Jadi harapannya setelah penganugerahan ini pemerintah daerah perhatiannya lebih besar untuk pendidikan,” katanya.

Dalam Kegiatan tersebut Dikbud NTB Meraih Anugerah BPMP NTB AWARD 2023 atas layanan pendidikan Transformasi Pendidikan Khusus, diantaranya adalah Program SLB VOKASI, Program Pendidikan Inklusif, Program Guru Tamu, Program Kemitraan SLB-SMK.

Selaku Kepala Dinas Dikbud NTB DR. H. Aidy Furqan, M.Pd. menyampaikan Terimakasih atas kerjasama Bapak/Ibu mensukseskan semua program tersebut sehingga bisa berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur karena telah diberikan kepercayaan sehingga Dikbud NTB bisa meraih Anugrah BPMP NTB Awards dalam kategori Layanan Pendidikan Tranformasi Pendidikan Khusus, semoga ini bisa menjadi motivasi kedepannya untuk terus melakukan hal-hal yang positif.” Tegasnya.

Lanjut Aidy mengatakan bahwa Anugerah yang diberikan oleh BPMP NTB ini tentu menjadi sebuah catatan penting untuk terus berinovasi dan bekolaborasi serta bersinergi dengan semua komponen pendidikan di NTB

Lappran: Aini

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button