BANYUWANGIJATIM

Jelang Idul Fitri, Kepala KSOP Kelas III Tanjungwangi Syamsurizal: Tetap Siap Pengamanan dan Melayani

Kepala KSOP kelas III Tanjuwangi Syamsurizal, S.Kom, M.Sc, (dok.foto: DJ BN.com)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Jelang Hari raya Idul Fitri 1445 hijriyah, kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tanjungwangi tetap siap pengamanan, patroli dan pelayanan untuk masyarakat, selain itu melayani penumpang kapal di wilayah pelabuhan Tanjungwangi Ketapang dan pelabuhan penyeberangan ASDP Ketapang, Kabupaten Banyuwangi.

Disampaikan Kepala KSOP kelas III Tanjuwangi Syamsurizal, S.Kom, M.Sc, menjelang Hari raya Idul Fitri 1445 hijriyah, momen baik sambut Lebaran untuk umat muslim yang telah menjalankan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh.

” Sebagai umat muslim kita selalu bersyukur, berusaha dan berdoa dalam menjalankan tugas sebagai petugas Syahbandar di pelabuhan Tanjungwangi dalam pengamanan, patroli dan pelayanan bagi masyarakat, dan bertugas itu merupakan ibadah tetap siap pengamanan, patroli dan pelayanan bagi masyarakat yang merayakan Lebaran. Ibadah puasa merupakan sarana menggapai ketaqwaan, mensyukuri nikmat, melatih diri untuk mengekang jiwa dan melembutkan hati dengan berdzikir dan berpikir tentang keagungan Allah SWT,” jelasnya kepada bidiknasional.com, Selasa siang (2/4/2024).

Disamping itu, dirinya juga mengungkapkan,” Perhubungan Laut di kantor KSOP kelas III Tanjungwangi sudah lebih awal mempersiapkan Posko Pengamanan Lebaran pada tanggal 26 Maret sampai 26 April 2024, sedangkan Perhubungan Laut dari Pusat sebelum hari H- (tujuh) 7 hari pelaksanaannya sudah disiapkan Posko Pengamanan Lebaran sampai terakhir pelaksanaannya H+ (tujuh) 7 hari, karena penumpang kapal berbeda dengan penumpang di darat seperti Kereta Api.

” Kita bertugas di laut lebih awal mempersiapkan Posko Pengamanan Lebaran antisipasi arus mudik penumpang lebih awal. Sedangkan arus balik antisipasi penumpang cukup panjang saat liburan Lebaran, selain itu pengurusann ijinya Surat Tujuan berlayar untuk kapal-kapal, kalau di pelabuhan penyeberangan LCM Ketapang untuk Koordinatornya dari Satuan Pelayanan (Satpel) Pelabuhan Ketapang dari BPTD Wiayah XI Jatim dalam pelaksanaan tugasnya di kantor Timbangan, Terminal Bus, untuk kendaraan Bus, Truck, yang mau menyeberang dari pelabuhan Ketapang Banyuwangi, Jatim tujuan ke pelabuhan Gilimanuk, Bali,” paparnya.

Lebih jauh dibeberkan, Kebijakan dari Perhubungan Pusat mempersiapkan tambahan kapal Perintis yang tiap seminggu sekali ada 1 kali pemberangkatan kapal Perintis dan ada tambahan kapal Perintis, maka tiap seminggu sekali ada 3 kali pemberangkatan kapal Perintis, evaluasi pelayanan liburan di Lebaran tahun kemarin, diprediksi ada tambahan penumpang arus mudik Lebaran sampai 11 persen. Bagi penumpang tujuan Kepulauan Sapeken Madura, dan untuk sopir kendaraan logistik tujuan ke Lembar, Lombok Barat, NTB, dan bilamana kondisi cuaca ekstrim untuk kapal-kapal tidak diberangkatkan pemberitahuan prakiraan cuaca dari BMKG, untuk kapal Perintis sudah ada 600 unit tersedianya alat-alat pelampung, baju pelampung dll, untuk penumpang pelampung maksimal 400 orang, diharapkan para penumpang tetap mentaati Aturan yang ada di kapal Perintis pada saat mudik Lebaran tahun 2024.

” Di bulan puasa Ramadhan ini, kami bersama jajaran staf KSOP tetap siap melayani untuk kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang. Selain itu dalam menjalankan puasa Ramadhan untuk jam kerja kantor pukul 08.00 Wib sampai pukul 15.00 Wib, dan melaksanakan santunan untuk anak yatim setiap satu bulan sekali di Terminal Pelabuhan Tanjuwangi,” tuturnya.

Ditambahkan,” petugas KSOP selalu memberikan himbauan bagi penumpang kapal ikut menjaga ketertiban, keselamatan diri dan keselamatan orang lain dan tetap komunikasi, koordinasi bersama Satpolairud Polresta Banyuwangi, TNI Lanal Banyuwangi, Sat Polairud Polresta Banyuwangi, Pelindo, BASARNAS, ASDP Ketapang, BPTD Ketapang, BPBD dan Instansi terkait dalam hal keamanan dan keselamatan berlayar.” pungkasnya.

Laporan: DJ

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button