HALMAHERA SELATANMALUKU UTARAOPINI

Investor Tanam Duit Rakyat Jadi Korban dan Air Mata Pun Menetes

Penulis : Anwar Gane
Direktur Eksekutif Save Halmahera

HALSEL – (11/6/2024) Maraknya perusahan tambang nikel membuat perubahan-perubahan bentang alam pulau obi terbilang pesat, terjadi pada titki-titik vital yang di proyeksikan sebagai hotspot nikel, sementara ekologi dan fungsi alam mengalami banyak perubahan.

Kekayaan Daerah hanya milik Investor dan di nikmati oleh Pejabat, Rakyat di hipnotis dengan bantuan CSR dan bantuan Bansos demi meloloskan rencana perampokkan hasil kekayaan yang ada dalam perut bumi. Dalam skema master plan pulau obi menjadi lumbung tambang, target ini tidaklah muluk-muluk karena menjadi sasaran empuk untuk dikeruk.

Undang-undang di buat hanya untuk kepentingan pejabat, program kesejahteraan rakyat yang di goreng untuk melumpuhkan rakyat. rapi skali strateginya, tapi niat busuk akan terbongkar pada waktunya. Media sosial pun di sihir menjadi pemulus rencarana busuk mereka.

Penggusuran warga demi investasi sering kali di lakukan tanpa mempertimbangkan rasa kemanusiaan dan keadilan, banyak warga kehilangan harta benda, tanah yang menjadi sumber mata pencarian dan kehidupan yang mereka selama bertahun-tahun bahkan budaya mereka pun sirna.

Penggusuran di lakukan atas nama investasi dan pertumbuhan ekonomi, warga memiliki hak hidup dengan aman, memiliki tempat tinggal yang layak, serta dapat mempertahankan sumber mata pencarian, penggusuran di lakukan tanpa mempertimbangkan rasa kemanusiaan dan keadilan menunjukan kurangnya rasa tanggung jawab dari para pejabat dan pihak terkait dalam melindungi hak-hak warga negara.

Sejingkal tanah adalah kehidupan, setetes air adalah sumber kehidupan, laut adalah harapan hidup

Salam lestari

Isi naskah tanggung jawab penulis

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button