JATENGMAGELANG

Rindam IV/ Diponegoro Turun Gunung Laksanakan Giat Karya Bakti

KOTA MAGELANG, BIDIKNASIONAL.com -Rindam IV / Diponegoro turun gunung dari sarangnya melakukan kegiatan Karya Bakti TNI Sat Non-Kowil Rindam IV/Diponegoro Semester II TA 2024 bertempat Saluran Irigasi Kalibening HM 95- 100 yang terletak di Kelurahan Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah Kota Magelang Jawa Tengah, Selasa 3 September 2024.

Adapum tema dalam kegiatan karya bakti ini _”TNI AD Bersama Rakyat Bersatu dengan Alam Untuk Mengatasi Kesulitan Rakyat” hasil kegiatan membersihan sampah,babat rumput,sedimentasi sepanjang 500 meter.

Maksud dan tujuan Karya Bakti TNI adalah salah satu upaya TNI untuk mbantu masyarakat serta pemetintah pusat atau Daerah dalam mengatsi kesulitan masyarakat

Selain itu Karya Bakti TNI untuk mempererat hubungan silahturahmi antara TNI dan masyarakat,membantu Pemerintah provinsi maupun Daerah serta menciptakan ikatan batin yang kokoh antara TNI dan Masyarakat.

Terlihat hadir dalam kegiatan
tersebut, Wadanrindam IV/Diponegoro Kol Inf Rizal Faizal Helmi S.Sos, Kepala DLH Kota Magelang Makhmud Yunus,AP, M.H, DPUPR Kota Magelang Endra beserta staf, Balai PSDA Probolo/ Korpokla Progohulu beserta staf, Kepala Kelurahan, Kemirirejo Paguyuban Pecinta Kali Magelang Relawan Bravo, Hotel Puri Asri, Taman Kyai Langgeng.

Apel dipimpin oleh Wadanrindam. Dalam amanatnya beliau menyampaikan, kegiatan ini merupakan kebijakan Kasad TNI-AD untuk bersih kali, tidak hanya itu TNI-AD hadir ditengah masyarakat dalam program jambanisasi.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak, saya merasa bangga . Masyarakat,Indonesia ini biasanya harus di paksa dulu untuk bertindak, baru kesadaran masyarakat itu terbentuk, kemudian dalam melaksanakan tugasnya menjadi ikhlas,” ungkapnya.

Selain itu disampaikan, “Kita mengajak intansi lain untuk bergabung dalam rangka membersihkan sungai dan lingkungan sekitar. Kegiatan ini juga untuk mengantisipasi datangnya musim hujan di Magelang, kita bersihkan agar tidak terjadi banjir.Hal ini juga merupakan langkah awal kami dalam kegiatan bersih- bersih saluran irigasi ini baru dari prakarsa dari Kelurahan Kemirirejo Balai PSDA Probolo DPUPR serta DLH saja mudah mudahan nanti instansi lain terlibat Pemda juga bisa mendukung dan juga pengusaha kita libatkan nantinya targetnya sebelum musim hujan tiba,” jelasnya.

Kegiatan Karya Bakti ini diikuti oleh TNI dan mayarakat personil sekitar 150 an orang. Dari Rindam sendiri lebih dari 70 orang lebih kemudian dari PSDA, DLH, Damkar, PUPR Kota MGL, Komunitas pecinta sungai, Pengusaha dan warga sekitar. Program bersih kali ini merupakan Program Kasad untuk membersihkan kali , kedepanya di buat rencana Jumat bersih se Kota Magelang menjadikan Magelang ini menjadi realisasi Magelang Kota Sejuta Bunga.

Pesan kata dari Wadanrindam IV Diponegoro “Magelang Kota Bersih, Kota Sejuta Bunga,” Tegas Rizal.

Sementara di tempat terpisah Kepala Balai PSDA Probolo Fredi Nurcahya S.T.M.T ketiika dihubungi oleh awak media, ia mengucapkan banyak terima kasih kepada Danrindam IV/ Diponegoro Magelang Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Magelang serta para relawan, tokoh masyarakat dan para pengusaha yang ikut menyukseskn kegiatan Karya Bakti TNI yang telah bahu- membahu bersama TNI dan pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta Kab/Kota yang telah partisifasi yang luar biasa bersih- bersih saluran irigasi kalibening dengan hasil 500 meter.

“Perlu kami sampaikan bahwa anggaran saat ini sangat terbatas,tanpa peran serta TNI serta masyarakat tidak mungkin pemerintah bisa kerja sendiri, mengingat sungai atau irigasi milik kita bersama, masyarakat harus ikut merawat terutama tidak membangun di sempadan tanah irigasi maupun membuang sampah di sungai maupun di irigasi. Dengan harapan harapan Kaline resik banyune mili, rakyate peduli, petanine mukti,” jelas Fredi.

Laporan: Sumarno ST

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button