BANYUWANGIJATIM

Pemkab Banyuwangi Dukung Pemerataan Kesehatan Rumah Sakit di Kecamatan Pesanggaran

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Pemkab. Banyuwangi akan menfailtasi pemerataan kesehatan untuk masyarakat yang tinggal di wilayah Kecamatan Pesanggaran sekitarnya, dan segera merasakan pembangunan fasilitas kesehatan Rumah Sakit tipe C.

PT. Bumi Suksesindo yang difasilitasi Pemkab. Banyuwangi akan mempersiapkan pembangunan Rumah Sakit di wilayah Kecamatan Pesanggaran untuk pemerataan layanan kesehatan bagi masyarakat.

Pembangunan tersebut terangkum dalam penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab. Banyuwangi dengan PT Bumi Suksesindo untuk pembangunan Rumah Sakit, pada Rabu tanggal 18 September 2024 di Pendapa Sabha Swagatha.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyampaikan, peningkatan kualitas dan pemerataan layanan kesehatan merupakan upaya kolaborasi seluruh komponen secara terpadu baik dari masyarakat, dunia usaha, maupun Pemerintah.

“Dengan dibangunnya Rumah Sakit baru ini, masyarakat di wilayah selatan, khususnya di Kecamatan Pesanggaran, Siliragung, Bangorejo, Purwoharjo, dan sekitarnya bisa semakin mudah mengakses fasilitas kesehatan yang baik. Apalagi ini nantinya Rumah Sakit yang memiliki standar bagus dan lengkap” tutur Bupti Ipuk.

Ipuk menambahkan, salah satu perhatian utama Pemkab. Banyuwangi dalam sektor kesehatan adalah pemerataan layanan, mengingat secara geografis Kabupaten Banyuwangi adalah satu daerah terluas di Pulau Jawa, dan banyak penduduknya yang juga tinggal di wilayah Perkebunan.

“Kecamatan Pesanggaran adalah salah satu Kecamatan terluar secara geografis, dengan didirikan Rumah Sakit di sana artinya kami mendekatkan layanan ke warga, yang tentunya akan meningkatkan penyediaan layanan kesehatan di sana” kata Ipuk.

Rumah Sakit tersebut nantinya juga fokus pada pelayanan kesehatan warga kurang mampu berbasis pada BPJS Kesehatan dengan pelayanan terbaik dan fasilitas lengkap.

Sementara itu, Direktur PT. Bumi Suksesindo Cahyono Seto menyampaukan, bahwa Rumah Sakit di wilayah Kecamatan Pesanggaran merupakan inisiatif untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Banyuwangi, dan pembangunan Rumah Sakit tersebut segera terwujud dengan perencanaan saat ini pembangunan sudah matang.

“Saya berterima kasih kepada Pemkab. Banyuwangi yang menyambut baik kehadiran layanan kesehatan ini, dan mengajak dunia usaha untuk berkontribusi dalam memajukan sektor kesehatan daerah” jelas Seto.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat menerangkan,” berdirinya Rumah Sakit di wilayah Pesanggaran sudah menjadi harapan Pemkab. Banyuwangi sejak dulu. Karena selama ini rujukan untuk pasien sakit di wilayah Banyuwangi bagian selatan cukup jauh. Dengan adanya fasilitas Rumah Sakit di wilayah Pesanggaran, untuk masyarakat dari wilayah selatan mulai Kecamatan Pesanggaran, Purwoharjo dan Bangorejo bisa tercover” terangnya.

Amir Hidayat menambahkan, meski pembangunan Rumah Sakit nanti dikelola swasta, untuk sistemnya tetap mengacu pada sistem kesehatan Daerah, sehingga program-program kesehatan bisa dicover oleh Rumah Sakit tersebut.

Laporan: Dj/hms_dinkes

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button