BANYUWANGIJATIM

Penemuan Jenasah Korban Orang Tenggelam di Pantai Wisata Pulau Merah Kec. Pesanggaran

Kegiatan SAR hari ke dua (2) Senin 23 Januari 2023 sekira pukul 14.00 Wib korban telah ditemukan (foto: tim)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Senin 23 Januari 2023 sekira pukul 14.00 Wib telah terjadi laka laut orang tenggelam saat mandi / berenang di Pantai Wisata Pulau Merah Kec. Pesanggaran Kab. Banyuwangi dan korban telah ditemukan dalam kegiatan SAR hari ke dua (2). Kasus dalam penanganan Satpolairud Polresta Banyuwangi dan di back up Ditpolairud Polda Jatim.

Informasi dihimpun, Identitas korban yaitu Deni, laki laki, 12 tahun, pelajar, Islam, alamat Dusun Balerejo Rt 1 Rw 1 Desa Bumiharjo Kec. Glenmor Kab. Banyuwangi.

Kasat Polairud Polresta Banyuwangi KOMPOL Masyur Ade, SIK, MH melalui Kanit Binmasair Aiptu I Gede Eka Darmayasa menjelaskan, Kronologis kejadian pada hari Senin, tanggal 23 Januari 2023 sekitar jam Wib 14.00 telah terjadi laka laut, yang mana 5 (lima) orang korban berenang di Pantai Wisata Pulau Merah tepatnya di sebelah barat Tower Telkomsel yang mana lokasi tersebut di luar jangkuan garis batas Wisata Pantai Pulau Merah dan saat itu para korban tersebut berenang di tepi pantai, kemudian tiba-tiba ada ombak besar yang selanjutnya menyeret para korban pada saat berenang tersebut, namun ke 4 (empat) korban atas nama Radit, Alif, Arif dan Edo berhasil menyelamatkan diri sedangkan korban Deni saat itu sempat berpegangan kepada korban Radit namun terlepas karena dihempaskan ombak dan hal tersebut di lihat oleh korban Edo yg segera berusaha menolong korban Deni karena mengetahui tidak terlalu bisa berenang, akan tetapi karena gelombang dan arus yang kuat akhirnya Korban Edo tidak berani untuk melanjutkan menolong korban Deni yang mana hingga terseret arus ke Pantai Gumuk Kancil.

Selanjutnya, korban yang selamat berusaha meminta pertolongan dan di bantu oleh life guard atas nama Tata dan Harsono bersama dengan masyarakat sekitar namun tetap tidak berhasil menemukan korban, sedangkan 4 (empat) orang korban yang selamat dalam keadaan sehat dan selanjutnya di evakuasi ke Pos Pokmaswas Pantai Wisata Pulau Merah yang kemudian korban pulang kerumah masing-masing sedangkan pencarian masih dilakukan terhadap korban Deni.

” Lebih lanjut, kegiatan SAR oleh TNI AL Lanal Banyuwangi, Satpolairud Polresta Banyuwangi dan masyarakat sekitar serta pihak sekolah dan keluarga masih terus melakukan pencarian korban hingga hari ini ” jelasnya kepada Wartawan bidiknasional.com Selasa (24/1/2023).

Lanjut Kanit Binmasair Aiptu I Gede Eka Darmayasa, untuk kronologis penemuan jenasah korban sebagai berikut.

Pada hari Selasa tanggal 24 Januari 2023 sekira pukul 06.30 Wib telah di ketemukan jenazah korban atas nama DENI yang telah dilakukan kegiatan SAR hari ke 2 (dua) dan jenazah korban atasa nama DENI di ketemukan oleh Kepala Sekolah Daruh Manja Glemmor pada saat pencarian yang mana posisi korban saat itu sudah meninggal dunia dan terbawa arus ke tepi pantai yang jaraknya sekitar 500 meter dari TKP korban tenggelam, selanjutnya korban di evakuasi dan dibawa ke ke Puskesmas Sumberagung untuk dilakukan pemeriksaan luar secara medis kemudian jenazah dibawa kerumah duka untuk dilakukan pemulasaran dan dimakamkan secara adat.

Saksi-Saksi :
1. TATA, Laki2, 22 tahun, lafe guard, Islam, Alamat pulau merah Rt. 08. Rw 01 Kec. Pesanggaran Kab. Banyuwangi.
2. HARSONO, Laki2, 27 tahun, lafe guard, Islam, Alamat pulau merah Rt.04, Rw 01 Kec. Pesanggaran Kab. Banyuwangi.

Kerugian jiwa yaitu : Nama : Deni, jenis kelamin : laki laki, Umur : 12 tahun, Pekerjaan : Pelajar, Agama : Islam
Alamat : Dusun Balerejo Rt 1 Rw 1 Desa Bumiharjo Kec. Glenmor Kab. Banyuwangi.

Tindakan Kepolisian Perairan yang telah dilaksanakan sebagai berikut :
1. Mendatangi TKP
2. Mengaktifkan Kembali Team SAR Satpolairud Polresta Banyuwangi yang sudah ada dan SAR laut binaan Satpolairud Polresta Banyuwangi, Basarnas, dan Pokyan untuk melaksanakan tugas SAR dan dapat menemukan serta mengevakuasi korban atas nama Deni.
3. Melakukan Koordinasi dengan instansi terkait yaitu Puskesmas Sumberagung dan aparat Desa Pesanggaran Kec.Pesanggaran Kab. Banyuwangi dan membawa korban menggunakan mobil ambulan untuk dibawa ke rumah duka.
4. Melakukan koordinasi dengan Kepala Desa Pesanggaran dan Ketua RT utk menyerahkan jenazah ke pihak keluarga, selanjutnya di lakukan pemulasaran dan dimakamkan secara adat.
5. Membuat laporan dan melaporkan kejadian yang terjadi pada kesempatan pertama kepada Pimpinan untuk diambil langkah-langkah kebijakan lebih lanjut.
6. Menangani Kasus kejadian yang terjadi secara Profesional dan prosedural sesuai peraturan serta Ketentuan Perundang- undangan yang berlaku. Kasus ditangani Satpolairud Polresta Banyuwangi dan di backup Subdit Gakkum Ditpolairud Polda Jatim.

Laporan: j0181/gede

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button