JATIMPASURUAN

Pengadaan Alat Habis Pakai RSUD Bangil Miliar Rupiah Menyisakan Tanya

Gambar Ilustrasi: Alat Habis Pakai Kesehatan (Foto: Tim Kreatif Redaksi)

PASURUAN, BIDIKNASIONAL.com – Menanggapi pemberitaan bidiknasional.com Humas RSUD Bangil M. Hayat tidak membantah jika pihaknya pada tahun 2023 mengalokasikan anggaran senilai Rp 9,5 miliar untuk pengadaan alat habis pakai kesehatan.

“Benar mas, semua kebutuhan memang kita rencanakan sesuai dengan kebutuhan mengacu pada usulan masing – masing bidang/unit/poli/ruang,” terang M. Hayat saat di konfirmasi wartawan sekaligus memberi kesempatan RSUD Bangil menyampaikan tanggapan dan/atau klarifikasi secara proporsional.

Sayangnya ketika ditanya perihal jenis alat habis pakai kesehatan keperluan RSUD Bangil itu apa saja, berapa harga satuannya, di beli dimana, dari siapa? Humas RSUD Bangil itu tidak dapat menjelaskan he he.

“Maaf mas, saya perlu koordinasi dulu karena itu bagian pengembangan,” kata M. Hayat sembari mengakhiri konfirmasi dengan wartawan.

Untuk diketahui, Pemerintah Kab. Pasuruan kembali menganggarkan Rp 9,5 miliar untuk belanja Pengadaan Alat Habis Pakai Kesehatan. Pagu anggaran pembelian alat habis pakai kesehatan untuk keperluan RSUD Bangil ini meningkat 100% lebih besar dibanding tahun 2022 yang hanya dianggarkan Rp 4,6 miliar.

Hal itu diketahui melalui Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SiRup) dengan jadwal pemilihan penyedia dimulai pada Januari 2023 melalui metode E – Purchasing. Paket yang diberi nama Pengadaan Alat Habis Pakai Kesehatan Keperluan RSUD Bangil tersebut terindikasi di “pecah”  menjadi 2 proses pemilihan penyedia Jasa.

Terbukti, RSUD Bangil membagi belanja pengadaan yang sama tersebut menjadi dua paket pertama dengan Kode RUP 38885394 Nilai Pagu Rp 8 miliar, kedua sesuai Kode RUP 38888474 Nilai Pagu Paket Rp 1,5 miliar.

Jadi total anggaran Pengadaan Alat Habis Pakai Kesehatan untuk keperluan RSUD Bangil itu mencapai Rp 9,5 miliar yang di anggarkan melalui Sumber Dana BLUD Tahun APBD 2023.

Tak hanya itu ada Alat Habis Pakai Plate Inplan Rp 2 miliar,  Alat Habis Pakai Hemodialisasi Set Single Uce Rp 785 juta, serta Alat Habis Pakai Kesehatan Set Re Uce senilai Rp 1,6 miliar.

Belum diketahui secara terperinci anggaran dana miliaran rupiah itu digunakan RSUD Bangil untuk pembelian alat habis pakai kesehatan jenis apa apa, berapa harga satuannya dan siapa penyedianya masih menyisakan tanya?

Penulis : Toddy Pras H

Editor   : Budi Santoso 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button