JATIM

Menjelang Lebaran, Syahbandar Banyuwangi Melakukan Uji Petik Di Pelabuhan Ketapang

BANYUWANGI, JATIM, BN – Tahun 2018 ini jelang lebaran Idul Fitri 1439 hijriyah, petugas Syabandar Ketapang Banyuwangi melaksanakan Uji Petik di kapal-kapal.

Tim wartawan BIDIK Nasional Banyuwangi mengkonfirmasi pada Kepala UPP Banyu-wangi Eka Cakrawala SH, melalui Widodo SH Petugas Syahbandar menyampaikan, “Betul, jelang Lebaran idul fitri akan datang, kita petugas Syahbandar melaksanakan kegiatan uji petik dan cek kelengkapan di kapal-kapal,” jelasnya, Rabu, (30/05/2018).

Widodo menjelaskan, kesiapan kapal meng-hadapi arus mudik lebaran menjadi kewaji-ban utama. Sebab, menyangkut keselama-tan para penumpang yang jumlahnya cende-rung meningkat.

“Kami mengecek seluruh mesin dan perleng-kapan pendukung lain, seperti, pipa kran air, sirine, tabung pemadam, pelampung dan skoci kapal penyelamat ” jelasnya pada Tim wartawan BIDIK Nasional.

Widodo menambahkan selain CCTV kapal, pelampung, radar dan teropong kapal juga diperiksa. Uji petik wajib dilakukan secara berkala, apalagi, menghadapi lonjakan penu-mpang ketika musim arus mudik dan arus balik Lebaran akan datang.

“Kami harapkan perlengkapan kapal benar-benar sudah Ready dan ABK juga dilakukan pemeriksaan,” tegasnya.

Perlu diketahui untuk kapal yang opera-sional di Dermaga LCM dan Dermaga MB Ponton ada 56 kapal. Sementara di Derma-ga MB Ponton ada yang diperbaiki dan semua kapal sebelum berangkat dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi menuju pelabuhan Gilimanuk Bali sudah dalam kondisi ready beroperasional.

Harapannya untuk para Nahkoda kapal lebih berhati-hati disaat mengoperasikan kapal dan selalu Waspada bilamana ada gelom-bang tinggi maupun cuaca buruk utamakan Safety, semoga perjalanan kapal berjalan lancar dan kondusif. (Tim BIDIK Nasional Banyuwangi)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button