JATIM

Pakde Karwo Ajak Ketua Timses dan Ketua DPD/DPW Parpol Pendukung Calon Gubernur-Wagub Jatim Deklarasi Damai Pilkada Jatim 2018

Gubernur Jawa Timur Soekarwo

SURABAYA, JATIM, BN – Menjelang pelaksanaan pilkada serentak, Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo mengajak Ketua Tim Sukses (Timses) dan Ketua DPD/DPW Par-tai Politik pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim mela-kukan deklarasi damai pilkada Jatim 2018. Kegiatan ini dilakukan untuk menyukseskan pelaksana-an Pilkada serentak yang dilak-sanakan pada tanggal 27 Juni men-datang.

Deklarasi dipimpin Pakde Karwo-sapaan akrab Gubernur Jatim, diikuti Ketua Tim Suk-ses (Timses) dan Ketua DPD/DPW Partai Politik pendukung pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim seusai Silatu-rahmi dan Halal Bihalal Forkopimda Provinsi Jatim di Mapolda Jatim, Jl. A. Yani Sura-baya, Senin (25/6) siang. Forkopimda Jatim, Ketua KPU Jatim dan Ketua Bawaslu Jatim ikut menyaksikan dan membaca deklarasi tersebut.

Poin-poin deklarasi antara lain siap men-dukung penyelenggaraan Pemilihan Guber-nur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 secara jujur, adil, santun dan bermartabat siap bekerjasama dengan penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, berdasarkan ketentuan perundang-unda-ngan yang berlaku siap bekerjasama dengan aparat Polri dan TNI untuk menjaga situasi kamtibmas yang kondusif, aman, dan damai pada pelaksanaan pemilukada tahun 2018 di Jatim.

Selain itu juga siap mengendalikan massa pendukung masing-masing, dan memberi-kan legitimasi berupa tindakan tegas aparat penegak hukum sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan siap mene-rima hasil penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur berdasar keputusan KPU Provinsi Jawa Timur; serta siap mewujudkan pilkada di Provinsi Jawa Timur berjalan dengan aman, damai, dan sukses, serta turut meme-lihara situasi kamtibmas yang kondusif.

Seusai membacakan deklarasi, Pakde Karwo mengatakan, tim sukses jadi bagian penting untuk mendinginkan suasana men-jelang pelaksanaan pilkada maupun pasca pilkada. Selain itu juga turut membuat sua-sana aman, nyaman dan damai di Jatim.

Terima Kunjungan Pengamat dari 24 Negara Lihat Pelaksanaan Pilkada di Jatim

Menanggapi pertanyaan wartawan terkait kunjungan pengamat pelaksanaan pilkada yang berasal dari 24 negara, Pakde Karwo menjelaskan, pihaknya menerima dengan senang.

Sebab kunjungan tersebut dilakukan untuk melihat pelaksanaan pilkada serentak di Jatim yang memiliki kondisi plural, ditunjang dengan geografisnya kepulauan dan dara-tan.

Dengan kondisi Jatim yang kompleks, lanjutnya, berbagai hambatan dan tantangan tersebut dapat diselesaikan dengan baik. Sarana dan prasarana, dan pengamanan telah dilakukan dengan baik hingga ke daerah kepulauan untuk menunjang pelak-sanaan pilkada serentak.

“Provinsi Jawa Timur sangat dewasa dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada. Provinsi yang heterogen, tetapi memi-liki kematangan dan kedewasaan. Dari data itulah, pemerintah pusat mengharapkan pelaksanaan pilkada di Jatim menjadi ruju-kan nasional,” jelasnya.

Terkait kunjungan tersebut, Pakde Karwo sekaligus ingin menunjukkan kepada penga-mat mengenai kedekatan TNI-Polri untuk ikut mengurus keamanan, serta melibatkan tiga pilar di desa. “Kepala desa, babin-kamtibmas, dan babinsa kompak membe-rikan informasi. Kalau ada permasalahan langsung diselesaikan di bawah,” ujar orang nomor satu di Jatim.

Polda Jatim Bertugas Amankan Pilkada

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, pihaknya ber-tugas untuk melakukan pengamanan pada jalannya Pilkada.

“Polda Jatim harus siap. Kelengkapan pera-latan pencoblosan dari titik yang terjauh sudah siap semua seperti di daerah Masalembu,” ujarnya.

Dijelaskan, pengamanan yang dimaksud misalnya untuk bentrokan atau benturan antar pendukung pasangan calon saat co-blosan maupun saat penghitungan suara.

“Kami berharap betul kedewasaan masya-rakat di Jatim lebih baik, malu kepada WNA yang meninjau Pilkada di Jatim, karena nantinya akan menjadi rujukan,” katanya.

Machfud menambahkan, sejumlah personel gabungan yang diterjunkan juga akan ditem-patkan ke beberapa titik pos pengamanan dan TPS. Sejumlah personel gabungan itu diterjunkan untuk mengantisipasi beragam kejadian yang tak diinginkan selama pilkada.

“Mudah-mudahan aman dan kondusif, kami juga telah petakan dengan baik, semua kesiapan dari penyelenggara sudah kami cek, serta anggota yang mengamankan sudah saya kroscek juga kemarin,” pung-kasnya.

Sebelumnya, Pakde Karwo bersama Forko-pimda Jatim, Ketua KPU Jatim, Ketua Bawaslu Jatim mendengarkan arahan dari Menkopolhukam, Mendagri, Kapolri dan Panglima TNI melalui video conference yang dilakukan di Ruang Rupatama Polda Jatim. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button