SUMUT

Dinkes Labuhanbatu Mengelar Revitalisasi Kader Posyandu di Puskesmas

Kadis Kesehatan Labuhanbatu Tinur Bulan pada revitalisasi kader Posyandi, Senin (1/10/2018). (foto/M.Sukma)

LABUHANBATU, SUMUT, BN – Memperoleh jaminan kesehatan adalah hak semua masyarakat, namun hal itu harus diimbangi kemauan dan kesadaran masyarakat itu sendiri. Untuk itu, Dinas Kesehatan Labuhanbatu menggelar revitalisasi bagi kader Posyandu di wilayah Puskesmas di aula kantor Camat Bilah Hulu, Senin (1/10/2018).

Camat Bilahulu, Hamdy Erazona Siregar, ST., MM melalui Sekcam Karminah, S.Sos berharap kiranya permasalahan Posyandu dapat terselesaikan dan diatasi.

“Kesehatan sangatlah penting, terlebih bagi anak dan balita. Namun kendala sekarang ini, banyak orang tua yang enggan membawa anaknya ke Posyandu, dan anak-anak takut untuk hadir di Posyandu. Melalui pertemuan ini, saya berharap kepada Ibu Kadis Kesehatan kiranya dapat memberikan solusi bagaimana caranya agar orang tua dan anak balita mau dan tidak takut lagi untuk hadir ke Posyandu,” ungkapnya.

Kadis Kesehatan Labuhanbatu, Tinur Bulan, SKM., M.Kes dalam acara menyampaikan materi berupa program pentingnya imunisasi.

“Imunisasi sangat penting bagi anak anak usia nol hingga 11 bulan, karena imunisasi dapat mencegah penyakit bagi diri sendiri dan penularan penyakit terhadap sekitarnya. Ibu semua adalah kader Posyandu dan itu adalah tugas para kader bagaimana caranya agar masyarakat mau meringankan langkah untuk mengantar anaknya ke Posyandu dan menciptakan suasana agar anak-anak tidak takut untuk diimunisasi,” terangnya.

Imunisasi merupakan upaya yang diwajibkan pemerintah kepada seseorang sebagai bagian dari masyarakat dalam rangka melindungi yang bersangkutan dan masyarakat sekitarnya dari penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3i).

“Pelayanan imunisasi diberikan pada sasaran yang sehat, untuk itu sebelum pemberian imunisasi diperlukan skrining untuk menilai kondisi sasaran,” jelasnya.

Tinur menambahkan, bahwa kesehatan itu memang mahal, tapi lebih mahal jika kita mengobatinya. Dari itu untuk menghindari datangnya penyakit ataupun virus bibit penyakit itu datang kita harus mencegahnya dengan memberikan pembekalan awal pada balita. (M.SUKMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button