JABAR

Menjaring Aspirasi Masyarakat, Anggota DPRD Pangandaran Reses Di Desa Sukanegara

PANGANDARAN, JABAR, BN – Herma Bastaman dari  Fraksi PDIP mengadakan reses di Desa Sukanagara yang bertujuan menerima masukan aspirasi masyarakat agar menjadi perioritas pembangunan di desa Sukanegara, Tanggal 7 November 2018 lalu.

Dalam Reses itu, Herman Bastama menyampaikan masa istirahat (reses) itu  perintah tugas Negara setahun bisa Dua sampai tiga  kali.

Ia katakan reses anggota dewan itu wajib dilakukan untuk mengunjungi masyarakat berkaitan konsultasi menyerap aspirasi masyarakat, kebutuhan masyarakat seperti apa,  bagaimana program pemerintah harus menyentuh kepentingan masyarakat, usulan- usulan  yang di bangun melalui masyarakat akan digunakan oleh masyarakat.

“Kami datang ke daerah ini untuk  mendengarkan aspirasi masyarakat,  berkonfigurasi dengan masyarakat,   keinginan masyarakat seperti apa di sesuaikan bagaimana dengan dana, program pemerintah kemana arahnya yang disedikan karena rakyat yang akan menggunakan,” katanya.

Ia jelaskan aspirasi dari masyarakat ini akan di bawa  ke Pokok Pikiran (Pokir) di komisi yang menjadi usulan-usulan.

“Ini yang diperdebatkan, mana yang menjadi skala prioritas itu yang di utamakan,” terangnya.

Pihak Herma Bastaman berkeinginan reses ini bisa lakukan empat kali.

“Kalau lebih banyak turun ke masyarakat, saat penganggaran kita tahu, dasarnya ini kita buat, usulan itu kita masukin di komisi terkait,” tambahnya.

Ia memberikan contoh, misalnya berkaitan dengan kebutuhan masyarakat, di Sukanagara membutuhkan posyandu.

“saya titipkan di komisi satu, fraksi satu ada di komisis satu yang  bertepatan dengan kesehatan, di Fraksi rapat, tolong komisi satu yang ada di faksi kita, nah itu yang harus bersinergi,” ungkapnya.

Hal lain mengenai Pustu  (Puskesmas pembantu) yang sudah tidak layak juga berada di dekat lingkungan sekolah SMP itu perlu di usulkan supaya dipindahkan ke tempat lain, karena limbah B3 sangat berbahaya.

Masalah lain yang di utarakan adalah mengenai pertanian yang selama ini hasil pertanian belum bisa dipasarkan ketempat lain, hal ini penting untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan kaum tani akan dijadikan usulan disidang dewan, dan juga mengenai pengairan yang tidak optimal perlu ada sentuhan terutama pihak BBWS.

“Nah itulah fungsinya reses dewan kedaerah, karena disetiap desa pasti akan berbeda- masalahnya,” pungkasnya. (Asep)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button