RIAU

Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-19 Tahun 2018 Dharma Wanita Persatuan

Bidik Nasional- Sebagai istri PNS, peran anggota Dharma Wanita sangat strategis, dituntut berperan dalam pembangunan dan mendukung keberhasilan program pemerintah. Dalam keluarga anggota Dharma Wanita adalah sebagai istri yang diharapkan mampu menjadi pendamping dan mendukung keberhasilan suami. Demikian dikatakan Wakil Bupati Kabupaten Rokan Hilir sekaligus Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Rokan Hilir Drs.H.Jamiluddin pada saat menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-19 Tahun 2018 Dharma Wanita Persatuan, bertempat di Gedung Serbaguna Kabupaten Rokan Hilir pada Jum’at (07/12/2018) pagi.

Adapun Tema Hut DWP ke-19 kali ini adalah “Optimalisasi Potensi DWP untuk Suksesnya Pembangunan Nasional “.

Dalam sambutan dan arahannya Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Rokan Hilir Drs.H.Jamiluddin menyampaikan, tujuan utama dari pendirian Dharma Wanita sebagai peningkatan kualitas sumber daya anggota keluarga Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mencapai kesejahteraan nasional. “Sebagai organisasi yang tujuan utamanya yaitu, membina anggota, memperkokoh rasa persatuan, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dan meningkatkan rasa kepedulian sosial dan melakukan pembinaan mental dan spiritual anggota agar menjadi manusia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkepribadian dan berbudi luhur,” kata H.Jamiluddin.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomor dua di Kabupaten Rokan Hilir ini juga berharap agar di usia yang ke-19 Tahun Dharma Wanita Persatuan dapat meningkatkan program unggulan dan dapat diimplementasikan di tengah masyarakat. “Kita tahu peran Dharma Wanita sangat berpengaruh dalam membangun bangsa ini dan terutama bagi kinerja suaminya. Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir perlu dukungan dari semua pihak dan terkhusus bagi Dharma Wanita untuk membangun dan mengembangkan daerah ini kedepannya.” harap H.Jamiluddin.

Dikatakan juga oleh H.Jamiluddin, Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir di tahun 2018 ini mengalokasikan dana sebesar 150 juta rupiah untuk Dharma Wanita Persatuan yang bersumber dari dana APBD, dan untuk di tahun 2019 nanti akan ditambah anggaran untuk Dharma Wanita Persatuan dari Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir sebesar 200 juta rupiah. “Tentunya dengan dana sebanyak ini kita berharap Dharma Wanita dapat meningkatkan keterampilan dan menyelesaikan permasalahan yang ada kedepannya,” Ucapnya.

Pada kesempatan ini Drs.H.Jamiluddin juga menyampaikan ucapan selamat memperingati Hut ke-19 Dharma Wanita Persatuan. “Sekali lagi saya ucapkan selamat memperingati HUT ke-19 Dharma Wanita Persatuan. Semoga diusia yang ke-19 ini dapat lebih dewasa dan dapat bermanfaat bagi semua orang,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Rokan Hilir Lenna Puspasari Surya Arfan membacakan sambutan tertulis Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat Ny. Wien Ritola Tasmaya menyampaikan, sebagai salah satu organisasi masyarakat perempuan terbesar di Indonesia sudah selayaknya DWP mengambil peran strategis dan berperan aktif dalam konstelasi pembangunan nasional. “Potensi DWP mulai dari tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota sampai kecamatan dan kelurahan sudah menjadi kekuatan yang patut diperhitungkan untuk memberikan kontribusi penuh dalam menyukseskan program nasional,” katanya.

Dikatakan Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat, Dharma Wanita merupakan mitra pemerintah. “Kita semua harus mendukung program kerja pemerintah, seperti ikut mensosialisasikan dimana program-program pemerintah tersebut sangat erat sekali dengan tujuan Dharma Wanita yaitu mensejahterakan anggota keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat juga mengajak seluruh DWP untuk melangkah ke depan dengan kekuatan penuh, karena masih banyak masalah secara nasional yang perlu diselesaikan oleh kaum perempuan, dan hendaknya kaum perempuan selalu kritis dalam melihat isu-isu yang berkembang dalam masyarakat dan memberikan kontribusi penuh dalam penyelesaian masalah bangsa secara antisipatif. “Kita tidak bisa tinggal diam melihat kemerosotan moral yang terjadi saat ini, seperti kekerasan terhadap kaum perempuan dan anak dan termasuk juga banyak sekali kekerasan seksual terjadi terhadap anak-anak dibawah umur. Untuk itu peningkatan kualitas ketahanan keluarga perlu diperbaiki dalam penyelesaiannya,” ajaknya.

Sementara itu dalam rangka memperingati Hut ke-19 Dharma Wanita Persatuan ada beberapa kegiatan perlombaan yang telah dilaksanakan, diantaranya lomba paduan suara dan lomba dirigen terbaik, serta berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada hari puncak ini.

Hut ke-19 DWP kali ini juga ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Penasehat Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Rokan Hilir Drs.H.Jamiluddin.

Turut serta pada kesempatan ini para Ketua Organisasi Wanita, para Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan anggota DWP Kabupaten Rokan Hilir serta para undangan lainnya. (Arif)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button