JATIM

Mengoptimalkan Desa Wisata Disparta Kota Batu Rakor Bersama Pokdarwis

Peserta Rakor Pokdarwis di Hotel Kartika Wijaya Kota Batu

BATU, JATIM, BN – Dalam menyosong Tahun 2019 ini Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu mulai berbenah  dengan memantapkan pengembangan desa wisata dengan tema ” Pokdarwis Berdaya Pariwisata Kota Batu Berjaya”, Kamis (12/12/2018) Disparta Kota Batu bersama Pokdawis mengadan Rapat Koordinasi (Rakor)  di Hotel Kartika Wijaya.

Rakor bersama Pokdarwis tersebut bertujuan untuk menghasilkan suatu keputusan bersama untuk memperdayakan potensi desa secara inovatif, kreatif guna memajukan desa menjadi suatu desa wisata yang mempunyai efek ke sekitarnya serta menjadikan rujukan para wisatawan.

Bambang Supriyanto selaku Kabid Pengembangan sumber daya manusia (SDM) Dinas Pariwisata Kota Batu mengatakan bahwa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) ini akan menjadi barometer dan ujung tombak sejauh mana masyarakat sekitarnya terlibat secara langsung akan sadar wisata sehingga berdampak pada ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Ia lanjutkan momentum seperti ini adalah penting untuk membentuk sinergitas pelaku wisata dengan desa wisata yang ada di kota Batu terutama terbentuknya SDM manusianya berupa tenaga ahli di bidang wisata dan skill  khusus misalkan untuk tenaga gaet yang perlu menguasai bahasa asing dan budaya lokal secara benar.

“Ini semua guna bisa mempromosikan kepasaran potensi desa wisata yang ada agar bisa lebih di kenal lagi oleh masyarajat luas dan masyarakat sekitar welcome pada kita dan sadar bahwasanya kota Batu adalah aikon kota wisata dan akan berdampak secara positip pada masyarakat sekitar secara ekonomi,” papar Bambang Supriyanto.

Bambang Supriyanto Kabid Disparta Kota Batu

Ia jelaskan kunjungan wisatawan ke Kota Batu di akhir tahun ini kurang lebih sudah mencapai 6 juta pengunjung. Dengan hal ini yang sudah di programkan oleh Dinas Pariwisata kota Batu untuk membangun destinasi wisata di seluruh desa termasuk adat dan budaya yang ada di kota Batu sesuai dengan program dari Walikota Batu yaitu Desa berdaya Kota berjaya.

Acara ini di hadiri oleh Dinas pariwisata kota Batu di wakili oleh kabid sumber daya manusia Bambang supriyanto, Dinas pariwisata Jawa Timur, ketua Pokdarwis Gubuk Klakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang dan para undangan yang hadir.

Pada saat yang sama Dinas pariwisata Propinsi Jawa Timur menyambut baik dengan di selenggarakanya Rakor Pokdarwis di Hotel Kartika Wijaya kota Batu ini serta mengapresiasi yang tinggi kepada dinas pariwisata kota Batu.

“Dengan melihat antusias para peserta Rakor Pokdarwis ini semoga hasil dari rakor ini bisa di terapkan di desa masing masing guna menjadikan desanya  tempat wisata dan bisa di kenal oleh para wisatawan lokal dan mancanegara,” ungkapnya (AO)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button