JATIM

Perpustakaan Sidoarjo Launching Bioskop Literasi Anak Dan Motor Pintar

SIDOARJO, JATIM, BN – Menjelang peringatan Hari Jadi Kabupaten Sidoarjo ke 160 yang jatuh pada tanggal 31 Januari 2019 nanti, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo sudah menyiapkan kado untuk masyarakat Sidoarjo. Kado tersebut berupa Bioskop Mini Home Theater.

Bioskop Mini yang diberi nama Bolam (Bioskop literasi anak & masyarakat) hari ini diresmikan oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah, Rabu, (16/1/2019).

Pada kesempatan yang sama, dinas perpustakaan dan arsip juga meluncurkan 18 motor pintar. Motor yang sudah didesain khusus dengan dilengkapi rak dan diisi buku bacaan tersebut tiap hari keliling ke sekolah – sekolah di 18 kecamatan.

Bolam merupakan pelengkap sarana edukasi dan hiburan bagi pelajar dan masyarakat Sidoarjo yang berkunjung ke Perpustakaan milik Pemkab Sidoarjo. Dibangun di area Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip di Jl Jaksa Agung Suprapto 5, bioskop mini Bolam dilengkapi dengan fasilitas seperti bioskop XXI, ruangan yang representatif dengan dilengkapi AC dan dapat menampung kapasitas penonton 30 orang dengan luas bangunan ukuran 8 m x 10 m.

Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Sidoarjo Endang Soesijanti berharap dengan adanya bioskop mini Bolam jumlah pengunjung akan bertambah, Bioskop mini Bolam menambah sarana edukasi yang efektif bagi pelajar dan masyarakat, khususnya yang ingin mengetahui tentang sejarah Sidoarjo melalui visual video.

“ Usai diresmikan Pak Bupati, Bolam dibuka untuk umum, kami jadwalkan dua hari sekali pada jam kerja akan diputar film, hari Senin, pagi hari kita putas jam 09.00 wib dan siang hari jam 11.00 wib. Kita putar antara 1 sampai 2 judul film,” kata Endang saat mengecek ruangan bioskop mini Bolam sebelum diresmikan Bupati Sidoarjo.

Film yang diputar adalah film edukasi anak, pelajar dan masyarakat, misalnya film sejarah Kabupaten Sidoarjo mulai bupati pertama kali yang menjabat hingga bupati sekarang, film dokumenter semburan lumpur lapindo mulai awal semburan tahun 2006 akan diputar. Dan beberapa film yang akan disiapkan, kerjasama dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga rencananya akan memutar film dokumenter sejarah candi yang ada di Sidoarjo dan budaya seni tari yang berasal dari Sidoarjo.

“Kita juga meluncurkan 18 motor pintar yang siap keliling ke sekolah-sekolah, agar minat baca anak bertambah”, ujar Endang.

Dari waktu ke waktu, pembangunan sarana di gedung Perpustakaan dan Arsip terus meningkat, Anak-anak atau balita juga bisa ikut andil karena disediakan ruang khusus bermain internet atau ruang baca.

Kantor Perpustakaan dan Arsip ini berbeda dengan kantor perpustakaan pada umumnya. Di kantor ini tersedia ruang khusus baca dan bermain serta internet untuk anak berusia 1-12 tahun. Di ruang anak ini tersedia dua meja besar bersandarkan lantai dan empat meja besar dilengkapi kursi. Di ruang khusus anak dipasang 4 unit AC sehingga menambah kenyamanan. Sedangkan untuk pelajar dan masyarakat umum telah disediakan ruangan di lantai 2, di ruangan ini ribuan koleksi buku pelajar hingga buku umum tertata rapi.

“Layanan buku berbasis IT pun sudah ada, melalui E-Book (Elektronik Buku) Perpustakaan Sidoarjo terus menambah koleksi buku elektroniknya, dengan e-book pengunjung tidak perlu repot lagi mencari buku referensi yang dibutuhkan. Saat ini perpustakaan Sidoarjo telah memiliki lebih dari 1.000 koleksi buku elektronik, mulai dari koleksi buku anak-anak, buku pendidikan, buku sejarah, novel dan majalah”, papar Endang.

Sampai dengan saat ini, jumlah kunjungan dari mulai pelajar hingga masyarakat umum tiap harinya mencapai 200 pengunjung, di hari libur jumlah pengunjung naik dua kali lipat hingga mencapai 500 pengunjung per harinya. Jumlah itu belum termasuk pengunjung yang membaca buku elektronik (e-book) koleksi perpustakaan Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo, Saiful Ilah mengapresiasi inovasi yang dilakukan dinas Perpustakaan dan Arsip dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan saat ini. Sarana belajar melalui bioskop literasi dan tambahan buku elektronik (e-book) diharapkan akan meningkatkan literasi dan meningkatkan jumlah pelajar maupun masyarakat yang berkunjung ke perpustakaan Sidoarjo

“Sekarang ini semuanya serba digitalisasi dan serba visual, termasuk dalam menunjang literasi pelajar dan masyarakat. Belum banyak perpustakaan daerah lain yang memiliki fasilitas bioskop edukasi seperti yang kita miliki ini, untuk meningkatkan minat baca pelajar, kita sudah siapkan 18 motor pintar yang tiap hari akan keliling ke sekolah-sekolah”, ujar Saiful Ilah.

Bupati Saiful Ilah berharap, semoga dengan tambahnya sarana dan prasarana tersebut akan menambah sarana edukasi serta minat baca dan mendorong peningkatan literasi bagi masyarakat. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button