JATIM

Kurangnya Keseriusan Proyek Di PU Cipta Karya

Bambang Irianto, M.Si, Kadis Cipta Karya Sumenep

SUMENEP, JATIM, BN – Kurangnya keseriusan perbaikan pembangunan drainase sebelah timur dan rumah warga serta jalan diatas gorong-orong yang bergelombang ketika di hotmix nampak terlihat pasir/tanah yang dibawah yang mengakibatkan rusaknya bangunan jembatan yang diaggarkan sebesar Rp 3.8 M dalam pekerjaan proyek drainase di Jalan Jati Emas, Desa Pangarangan, Kecamatan Kota Sumenep.

Salah satu warga sekitar yang melihat langsung dalam perbaikan kepada wartawan mengatakan bahwa pekerjaan drainase pada waktu pemadatan tanah hanya menggunakan bego tidak menggunakan alat M/C pemadat tanah.

Akhirnya tanah yang ditimbun kena air hujan menjadi anjlok kebawah yang mengakibatkan bangunan jembatan dekat rumah warga dan jalan diatas gorong-gorong ikut anjlok kebawah.

Bambang Irianto, M.Si, Kadis DPRKP dan Cipta Karya mengatakan proyek yang dikerjakan oleh PT Inneco Wira Sakti Hutama memang ada beberapa kerusakan di empat titik, yakni kerusakan di jembatan ujung timur dan itu harus diperbaiki oleh rekanan.

Selain di jembatan ujung timur, kata Bambang juga ada kerusakan toko dan rumah warga akibat pembangunan drainase. Hal itu merupakan tanggungjawab rekanan untuk memperbaikinya.

“Proyek grainase tersebut dianggarkan dalam APBD Sumenep tahun 2018 sebesar Rp 3,4 miliar. Namun, karena faktor alam ada beberapa titik yang mengalami kerusakan sehingga harus diperbaiki kembali,” tandasnya.

Sementara Hery, Kabid Penataan Bangunan dan Lingkungan DPRKP dan Cipta Karya Sumenep mengatakan bahwa beberapa titik yang rusak masih dalam masa pemeliharaan menjadi tanggung jawab dari rekanan untuk melakukan perbaikan.

“Kemarin kami mengundang dari konsultan pengawas rekanan, dari kejaksaan, kepolisian, PT.Inneco, PPK, menyepakati rekanan siap untuk memperbaiki terhadap temuan proyek bangunan diatas sudah ada waktu yang ditentukan 20 hari kedepan perbaikan sudah rampung sehingga pekerjaan akan kembali pada asal semula,” tandasnya. (yus)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button