JATIM

Ribuan Onthelis Seindonsia Tumplek Blek Di Kabupaten Sidoarjo

SIDOARJO, JATIM, BN –  Ribuan onthelis atau pecinta sepeda tua berkumpul di GOR Sidoarjo, Minggu, (10/2). Mereka datang dari berbagai wilayah Indonesia. Selain dari kabupaten/kota di Jawa Timur juga terdapat onthelis dari Palangkaraya, Banjarmasin, Jakarta, Cilacap serta dari Semarang dan Jepara. Bahkan  onthelis dari negara Malaysia dan Thailand ikut ambil bagian dalam kegiatan Sidoarjo Ngonthel Bumi Jenggolo II yang diselenggaran Pemkab Sidoarjo. Mereka akan mengelilingi Kabupaten Sidoarjo. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 160 Kabupaten Sidoarjo tahun 2019. Selain itu untuk merayakan HUT Komunitas Sepeda Tua Indonesia yang ke XI tahun ini.

Diperkirakan para onthelis yang hadir mencapai 10 ribu orang. Mereka yang hadir memakai baju lurik khas Jawa. Kegiatan tersebut juga dicatatkan dalam rekor dunia untuk rekor ngonthel nareng dengan klambi lurik terbanyak. Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (LEPRID) mencatat kegiatan tersebut memecahkan rekor Kosti Kota Semarang yang menggelar acara serupa. Saat itu jumlah peserta kegiatan Ngontel Kebangsaan Berkostum Unik mencapai 8200 orang. Kegiatan tersebut diselenggarakan bulan Desember tahun 2018 lalu.

Kegiatan Sidoarjo Ngonthel Bumi Jenggolo II diberangkatkan Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH,M.Hum di GOR Sidoarjo. Rute yang ditempuh mulai dari tempat pemberangkatan menuju tanggul lumpur dan kembali ke GOR Sidoarjo. Dari tanggul lumpur, rute diarahkan ke pusat tas dan koper Tanggulangin. Setelah berhenti sejenak, para onthelis tersebut melanjutkan perjalanannya ke GOR Sidoarjo. Ada kupon yang disediakan dalam kegiatan tersebut. Hadiahnya satu unit sepeda motor yang ditambah hadiah hiburan lainnya. Undian yang beruntung berhak mendapatkannya.

Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengaku bangga terselenggaranya kegiatan tersebut. Ada ribuan peserta yang mengikutinya. Selain itu yang ikut tidak hanya dari Indonesia saja. Negara tetangga Malaysia dan Thailand ikut berpartisipasi memeriahkan hari jadi Kabupaten Sidoarjo tahun ini. Ia juga sampaikan kegiatan kali ini memecahkan rekor dunia. Dan ia berharap melalui kegiatan seperti ini dapat menjadi ajang promosi kerajinan UMKM masyarakat Sidoarjo.

Sebelum memberangkatkan peserta Sidoarjo Ngonthel Bumi Jenggolo tersebut H. Saiful Ilah meminta untuk mengikutinya dengan semangat. Kegiatan seperti ini juga diharapkan menjadi media silatuhrahmi. Ia juga berpesan untuk menjaga keselamatan di jalan.

Ketua Umum dan Pendiri LEPRID Paulus Pangka SH mengatakan ada dua rekor pada kegiatan Sidoarjo Ngonthel Bumi Jenggolo kali ini. Selain rekor untuk peserta ngonthel terbanyak juga untuk rekor ngonthel menggunakan busana lurik terbanyak. Ia bahkan mencatat ada 12 ribu peserta dalam kegiatan kali ini.

“Hari ini bukan hanya satu rekor, tapi kita berhasil menciptakan satu rekor baru dunia yaitu rekor ngonthel menggunakan busana lurik terbanyak, ada dua rekor yang tercipta hari ini,”ucapnya.

Untuk itu dalam kesempatan tersebut ia memberikan piagam penghargaan rekor dunia kepada Pemkab Sidoarjo sebagai penyelenggara kegiatan yang diterima bupati Sidoarjo. Piagam penghargaan tersebut juga diberikan kepada wakil bupati Sidoarjo sebagai ketua panitia hari jadi Kabupaten Sidoarjo serta kepada pemarkarsa kegiatan H. Bambang Waluyojati serta kepada DPP Kosti.

Sekedar diketahui kedatangan para onthelis ke kota Delta  mulai dari malam kemarin, Sabtu, (9/2). Gala Dinner digelar Pemkab Sidoarjo di GOR Sidoarjo untuk menyambut kedatangannya. Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH hadir dalam ramah tamah tersebut.

Pada kegiatan kali ini juga digelar pameran barang antik. Berbagai macam barang kuno dijual ditempat tersebut. Mulai dari onderdil sepeda tua juga terdapat berbagai macam keris. (yah)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button