JATIM

18 Pucuk Meriam 155 MM/GS Caesar Yonarmed 12/Kostrad, Laksanakan Pemanasan Berjalan

NGAWI, JATIM, BN – Sebagai Satuan Batalyon yang memiliki alutsista modern, dan merupakan salah satu Batalyon tercanggih TNI AD saat ini. tentunya harus diimbangi dengan kemampuan perawatan sekaligus pemeliharaan alutsista secara rutin sesuai prosedur tetap (protap).

Seperti halnya perawatan meriam 155 MM/GS Caesar yang dimiliki oleh Yonarmed 12/Kostrad saat ini. Sebanyak 18 pucuk meriam tersebut, telah memasuki tahap estimasi jarak tempuh kurang lebih 20 Kilometer.

“Pemanasan berjalan ini, dalam rangka merawat dan melancarkan sistem hidrolik dari meriam tersebut,” ujar Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronlad, F. Siwabessy. Selasa, 12 Februari 2019.

Pada dasarnya, kata Mayor Ronald, pemanasan meriam 155 MM/GS Caesar itu, terbagi menjadi 2 jenis. Untuk pemanasan jenis pertama, bisa dilakukan di tempat dan berjalan.

“Termasuk pemanasan berjalan jarak jauh. Karena, jarak tempuhnya lebih dari 15 kilometer,” ungkapnya.

Tak hanya dituntut untuk mampu mengoperasionalkan meriam saja. Namun, Danyonarmed 12/Kostrad ini menambahkan, sebagai prajurit TNI-AD yang profesional, setiap Satuan Armed juga dituntut untuk mampu merawat, sekaligus memelihara setiap alutsista yang dimiliknya.

Kecanggihan alutsista yang dimiliki Yonarmed 12/Kostrad itu, juga merupakan upaya untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan NKRI dan untuk menanggulangi ancaman-ancaman dari negara lain, sehingga dapat menimbulkan keamanan,kenyamanan dan ketentraman bagi masyarakat.

“Maka dari itu kita selaku satuan yang mengawaki salah satu alutsista tercanggih ini selain mampu mengorasionalkan, juga harus mampu untuk melaksanakan perawatan, Sama halnya dengan tubuh kita. Kalau dipelihara, dirawat dan selalu menjaga kesehatan, maka tubuh pun akan sehat dan kuat. Begitu juga dengan meriam ini, kita selalu menjaga, merawat dan memeliharanya dengan baik. Meriam ini akan selalu siap kapanpun jika dibutuhkan,” tegas Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy.

Autentifikasi

Danyonarmed 12/Kostrad, Mayor Arm Ronald, F. Siwabessy

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button