JATIM

Budi Daya Cacing Akan Jadi Bisnis Baru Di Tuban

TUBAN, JAWA TIMUR, BN – Rombongan kabupaten Tuban sebanyak 20 orang yang di pimpin Kalapas IIB Sugeng Indrawan untuk belajar budi daya cacing ke Malang. Rombongan Tuban mendapat penjelasan dari Mislan tentang budi daya cacing.

Budi daya cacing yang mau dikembangkan di kabupaten Tuban mendapat dukungan dan suport dari Mislan pelaku budi daya cacing yang sukses di kabupaten Malang. Rombongan yang di terima Mislan di Gasebo sebelah rumahnya yang asri dan sederhana di dusun Krajan desa Gading Kulon kecamatan Dau.

Hasil pantauan BN di lokasi, belakang rumahnya Mislan berdiri kadang sapi. Ada puluhan sapi potong dan sapi perah yang gemuk gemuk. Sedangkan tempat limbahnya kotoran sapi disalurkan ketempat penampungan sekitar 5 meter di buat untuk sarana media budi daya cacing. Di sampingnya media cacing tumbuh subur pohon jeruk buah.

Rombongan diterima oleh Mislan di Gasebo sebelah rumahnya, Sabtu, (16/2/2019). “Awal bangkit nya Taslam hutang bank untuk memelihara sapi. Dengan pelihara sapi ada limbahnya, dengan limbah sapi ini di buat media budidaya cacing. Dengan hasil panen cacing ini untuk biaya hidup sehari hari” ujar Mislan.

Masih menurutnya, Saya terbantu dengan budi daya cacing ini karena bisa mengurai kotoran sapi. Selain itu dengan budi daya cacing bisa di gunakan untuk kebutuhan sehari hari. Kegunaan dari media cacing tersebut bisa di gunakan untuk pupuk tanaman jeruk miliknya.

Dengan datang nya rombongan ini ke sini untuk belajar bagaimana budidaya cacing. Bakat yang sudah di miliki harus bisa dikembangkan. Dengan keterbatasan modal bisa mengajukan KUR di BRI. Warga yang punya pelaku usaha mendapat subsidi dari pemerintah sebesar 5%, pungkasnya.

Salah satu peserta, Darto, dari Wadung kec. Jenu saat di temui BN di sela sela istirahat. “Dengan kegiatan ini banyak hal yang di dapat dalam Budi daya cacing. Dapat teri dari pak Adam dan di ajak melihat langsung dilapangan sama peternak langsung di Kabupaten malang. Mulai dari budi daya cacing dengan tempat media yang dibuat maupun dengan media tanah langsung. Saya optimis budi daya cacing di Tuban akan membuka usaha baru yang menjanjikan” ungkap Darto. (jati)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button