JATIM

Jemput Bola Ala KCU BPJSK Surabaya

Kepala KCU BPJSK Surabaya Dr. Herman Dinata Mihardja

SURABAYA, JATIM, BN – Antusias peserta dengan beragam pertanyaannya mengenai Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) disampaikan pada dialog terbuka antara Kepala Kantor Cabang Utama (KCU)  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan ( BPJSK ) Surabaya dengan masyarakat Dukuh Bulak Banteng, RW 06, Kenjeran Surabaya, 10/04/2019.

“Teknik Jemput bola saat melakukan sosialisasi seperti sekarang ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah peserta JKN-KIS yang mengunduh atau yang menggunakan aplikasi mobile JKN,” ujar Kepala KCU BPJSK Surabaya Dr. Herman Dinata Mihardja.

“Data terakhir BPJSK Surabaya, perbulan April 2019, Peserta pengguna mobile JKN di Surabaya sekitar hanya 80 ribuan pengguna dari total peserta 3 jutaan. Kurang lebih baru di angka 5 – 10 %. informasi melaui aplikasi atau kanal layanan BPJSK yang di sebut dengan Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk Informasi, Komunikasi dan jawaban dalam genggaman bagi peserta JKN-KIS,” terangnya.

Anggota Komisi IX DPR / MPR RI Dra. Lucy Kurniasari.

Menggaris bawahi point penting jemput bola kali ini, anggota Komisi IX DPR / MPR RI Dra. Lucy Kurniasari selaku Legislator mendampingi BPJSK sekaligus mengawasi dan menampung aspirasi masyarakat. Program sosialisasi sekaligus memberikan edukasi tentang adanya kebijakan perubahan atau peraturan baru.

Lucy Kurniasari menegaskan bersama BPJS Kesehatan dirinya berjanji akan sering melakukan acara serupa sehingga masyarakat mengerti dan memahami agar kasus-kasus yang ada tidak terulang kembali.

Lucy Kurniasari berpendapat, adanya beberapa kebijakan yang telah di keluarkan oleh BPJSK pusat yang harus di kaji kembali. Contohnya peraturan direktur yang tidak mengcover persalinan normal, katarak dan fisioterapi yang sekarang telah di cover kembali. Berikutnya terkait kebijakan pasien kanker yang mana beberapa informasi beberapa obat tidak di cover.

“Maka dari itu mari seluruh stakeholder bahu membahu turut mengawasi program BPJSK Surabaya yang masuk dalam wilayah kerja kami,” jelasnya.

 

Aplikasi Mobile JKN Dan Manfaatnya oleh Dr. Herman Dinata Mihardja Kepala KCU BPJSK Surabaya

Tampilan Mobile JKN pada appstore/play store

Aplikasi Mobile JKN merupakan bentuk transformasi digital dari model bisnis BPJSK yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di kantor cabang atau fasilitas kesehatan. Aplikasi ini dapat di gunakan oleh peserta di mana saja dan kapan saja.

Bagaimana cara mendapatkannya ? Langkah pertama persiapkan data-data kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga. Persiapkan email pribadi serta nomor telpon yang akan di pergunakan. Cara mendouwnload Mobile JKN untuk semua Hand Phone (HP) android, masuk ke play storev/app store, lalu ketik pada pencarian “Mobile JKN”. Pilih logo Mobile JKN dan KLIK INSTAL.

Setelah terunduh tampilan awal aplikasi mobile JKN akan terlihat tiga menu halaman awal yaitu Pendaftaran peserta baru, Pendaftaran pengguna mobile dan log in. Cara registrasi Aplikasi Mobile JKN bagi yang telah menjadi peserta JKN-KIS, 1). Pilih menu pendaftaran pengguna mobile. 2). Isi nomor kartu, KTP, Tgl lahir, nama ibu kandung, email, Nomor HP dan password, 3). Jika berhasil akan muncul keterangan data berhasil di daftarkan, 4). Masuk ke akun email dan cari kode verifikasi, 5). Masukkan nomer kartu dan kode verifikasi, 6). Jika pendaftaran berhasil maka akan muncul keterangan bahwa pendaftaran berhasil.

Setelah berhasil masuk (log in), kata Herman pada halaman pertama menampilkan ;

1. Informasi kepesertaan dan anggota keluarganya.

2. > Mengubah nomor telpon

> Mengubah alamat email yang terdaftar

> Mengubah alamat surat yang terdaftar

> Pindah Fasilitas Kesehatan Tingkat         Pertama

> Pindah kelas rawat

3. Menampilkan Kartu JKN-KIS dalam bentuk digital dan dapat di gunakan saat menggunakan pelayanan kesehatan

4. Calon peserta dapat melakukan pendaftaran peserta (PBPU) dengan memasukkan nomor KTP elektronik selanjutnya peserta akan mendapatkan email nomer VA

5. Menampilkan tagihan iuran peserta PBPU

6. Melakukan pembayaran via mobile dan menampilkan panduan pembayaran sesuai dengan channel pembayaran yang di pilih

7. Menampilkan riwayat pembayaran iuran, via mobile dan denda

8. Menampilkan nomer Virtual Account peserta

9. Menampilkan history pelayanan peserta dan dapat memberikan rating dan komentar terhadap pelayanan yang pernah di terima

10. Pendaftaran pelayanan kesehatan di Fasilitas kesehatan tingkat pertama

11. Melakukan deteksi dini penyakit melalui Skrining Riwayat Kesehatan

12. Memperoleh informasi seputar program JKN-KIS antara lain : syarat dan ketentuan pendaftaran, hak dan kewajiban peserta, sanksi dan manfaat Program JKN-KIS

13. Mengetahui alamat dan lokasi kantor BPJS Kesehatan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL)  yang terdekat dengan posisi peserta saat itu

14. Menyampaikan permintaan informasi atau pengaduan tertulis atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

 

Kemudahan dan manfaat menggunakan Aplikasi Mobile JKN : 1). Dengan mudah dapat mendaftar dan mengubah data kepesertaan, 2). Mengetahui informasi data peserta keluarga, 3). Mengetahui informasi tagihan dan pembayaran iuran, 4). Mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan (KIS digital) dan 5). Menyampaikan pengaduan dan permintaan informasi seputar JKN-KIS. (boody) 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button