NTT

Warga Desa Haumeniana TTU Serahkan Satu Pucuk Senjata Kepada Satgas Yonif 132/BS

KEFAMENANU, NTT, BN-Salah satu tokoh adat Desa Haumeniana TTU secara sukarela menyerahkan sepucuk senjata api jenis Spingfield kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/Bima Sakti, hasil program orangtua asuh kepada masyarakat sekitar Desa Haumeniana Kecamatan Bikomi Nilulat Kabupaten TTU NTT, Selasa, 15/10/2019 pekan lalu.

Kronologi kejadian tersebut berawal dari kegiatan Danpos Haumeniana, Letda Inf Zulkifli beserta Pratu Deni Iskandar yang melaksanakan anjangsana ke rumah salah satu Tokoh Adat Desa Haumeniana dengan membawa logistik berupa beras yang akan diberikan kepada warga yang membutuhkan.

Danpos Haumeniana, Letda Inf Zulkifli mengatakan bahwa selain menjalankan tugas sebagai penjaga perbatasan, Pos Haumeniana siap membantu dan melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan obat dan tenaga.

“Kita lakukan pendekatan persuasif dengan tokoh Adat yang bernama panggilan Niko, kemudian Bapak Niko memberikan informasi kepada Danpos bahwa dirinya masih menyimpan Senjata yang sudah lama ditanam di belakang rumah dekat pohon yang sudah diberi tanda.

Lalu keesokan harinya (16/10), saat melaksanakan kegiatan membagikan sembako, Danpos kembali berbincang-bincang dengan Bapak Niko, tidak lama kemudian Bapak Niko mengingatkan kepada Letda Inf Zulkifli tentang masalah senjata yang dimilikinya itu. Kata Niko, kapan senjatanya Komandan Ambil?” ucap Bapak Niko dengan penuh percaya kepada Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat Yonif 132/Bima Sakti.

Letda Inf Zulkifli selaku Danpos Haumeniana sontak terkejut dan terharu akan kepercayaan yang telah diberikan masyarakat kepadanya, padahal antara Danpos dan Bapak Niko baru saja sehari saling mengenal.

“Dengan segala hormat apabila Bapak Niko berkenan pada hari ini juga saya siap untuk menerima senjata tersebut dari Bapak,” tandasnya.

Saat itu juga, anggota Pos Haumeniana langsung menuju rumah Niko dan dengan sigap menggali tanah yang ditanam senjata oleh Niko yang berada di belakang rumahnya sendiri. Kegiatan tersebut disaksikan langsung oleh Niko dan keluarga. Tidak berselang lama, akhirnya senjata api jenis Springfield ditemukan dan diserahkan langsung oleh Niko di depan rumah adat miliknya.

Atas kejadian tersebut, Danpos Haumeniana Letda Inf Zulkifli melaporkan kepada Dankipur I Kapten Inf Putra Kurnia Zendrato tentang perihal penyerahan 1 pucuk senjata api jenis Springfield secara sukarela oleh Niko warga Desa Haumeniana yang juga merupakan Tokoh Adat desa Haumeniana.

Dansatgas Yonif 132/BS Letkol Inf Wisyudha Utama memerintahkan Dankipur I untuk mengamankan barang bukti senjata api tersebut dan menyerahkan ke Mako Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif 132/Bima Sakti Sektor Barat.

“Saya memerintahkan kepada Dankipur I, II dan III maupun Para Danpos agar lebih intens dan fokus melaksanakan kegiatan anjangsana di wilayah binaannya masing-masing dengan pendekatan persuasif kepada masyarakat, ” tegasnya.(Dewa/anis ikun).

Related Articles

Back to top button