SUMUT

Tak Dapat BST, Camat Rantau Utara Beri Bantuan Warga

LABUHANBATU, SUMUT, BN-Camat Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu Turing Ritonga, mendengar tentang banyak warganya di daerah Kelurahan Pulo Padang Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu tidak mendapat jatah Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari anggaran APBN Pusat sebesar Rp 600 ribu rupiah.

Camat Rantau Utara Turing Ritonga langsung bersinergi turun kebawah melihat dan mendengarkan langsung dari warganya di Kelurahan Pulo Padang Kecamatan Rantau Utara, Selasa (18/5/2020).

Salah seorang nenek bernama Masniar Hrp, 74 tahun, lingkungan Jalan Nagka Kelurahan Pulo Padang, yang tidak mendapat jatah dari Bantuan Sosial Tunai (BST) terkait Wabah Virus Pandemi Covid-19 dari anggaran APBN Pemerintah pusat sebesar Rp 600 ribu rupiah tersebut.

Namun, si nenek Masniar yang sudah Lansia tersebut merasa bersyukur karena Camat Rantau Utara Turing Ritonga, sebagai pejabat masih tanggap serta respon terhadap warganya dan Camat memberikan bantuan kepada si nenek berupa uang dan sembako, Beras dua (2) karung yaitu 10 kg dan 5 kg. Ditambah minyak makan serta gula pasir.

“Bantuan yang saya berikan kepada si nenek Masniar ini adalah bantuan pribadi. Dan, ini adalah spontanitas serta itikad baik saya, melihat sinenek yang sudah lansia sangat membutuhkan bantuan kita juga uluran tangan kita untuk saling membantu kepada warga. Tidak ada hal yang lainnya”, kata Camat Turing Ritonga saat memberikan bantuan langsung dirumah sinenek Masniar.

Dalam kesempatan itu, Camat Rantau Utara Turing menjelaskan, bahwa kemungkinan data Kartu Keluarga si nenek Masniar dan warga lainnya dijalan Lingkungan Nangka Kelurahan Pulo Padang yang telah diberikan kepada Kepala Lingkungan Nangka, tidak masuk ke Pusat. Sebab, data tersebut melalui Dinas Sosial Labuhanbatu. Mungkin, dipusat data lama sehingga Valid.

“Sabarlah ya, kemungkinan BST dari sumber anggaran APBD Pemkab Labuhanbatu kita, yang telah dianggarkan, ada masuk daftar nama nama warga jLingkungan jalan Nangka yang belum mendapat Bantuan Sosial Tunai dari APBN Pusat, tersebut”, terang Turing.

Kepala lingkungan jalan Nangka Kelurahan Pulo Padang Herman yang hadir dirumah si nenek mendampingi Camat Rantau Utara memberikan bantuan Sembako kepada sinenek Masniar, mengatakan, bahwa warga yang belum ada mendapat bantuan BST dari APBN Pusat melalui Kantor Pos tersebut, harap bersabar.

“Data warga dilingkungan jalan Nangka sudah kita masukkan kemaren, untuk BST APBN Pusat Rp 600 ribu rupiah tersebut. Mungkin, nama nama warga yang ada dilingkungan Jalan Nagka ini, Valid datanya di Pusat dan Dinas Sosial”, katanya.

Namun, menurut Kepling jalan Nangka Herman, pada tahap berikutnya nanti bantuan BST dari sumber anggaran APBD Pemkab Labuhanbatu, besar harapan ada nama nama warga Lingkungan jalan Nangka untuk mendapat bantuan BST.

“Data sudah kita masukkan, besar kemungkinan kami, bahwa pada tahap berikutnya bantuan BST dari sumber APBD Pemkab tersebut, guna keringkan beban pendapatan warga terkait Wabah Virus Corona Covid-19 ini, ada masuk nama warga untuk mendapatkan bantuan BST Rp 600 ribu rupiah dimaksud tersebut”, jelas Herman selaku Keplingnya.

Pada kesempatan, nenek Masniar yang tinggal dirumah bersama anaknya seorang Perempuan status Janda ditinggal suaminya yang telah lama meninggal dunia tersebut, mengucapkan terimakasih kepada Camat Rantau Utara Turing Ritonga berkenan mendatangi rumahnya dan memberikan bantuan Uang dan Sembako.

“Saya bersama anak saya yang sudah Janda ini, mengucapkan terimakasih dan rasa bersyukur kami atas bantuan yang bapak Camat berikan kepada kami. Selama ini tidak ada membantu kami memberikan Uang dan Sembako untuk membantu kami yang tidak mampu ini sehari harinya, kerja anak saya mojok lah pak”, ucap sinenek sembari menangis meneteskan air matanya rasa haru yang dalam kepada Camat Rantau Utara Turing Ritonga. (M.SUKMA)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button