JATENG

Puluhan Wartawan Audensi Dengan Dinas Kominfo Kabupaten Pekalongan

KAB. PEKALONGAN, JATENG, BN-Insan Pers Jawa Tengah (IPJT) melaksanakan audensi dengan Kepala Dinas Kominfo Pekalongan diruangan Kominfo Pekalongan, Rabu (7/10/2020).

Audensi ini dilakukan terkait adanya tundingan Kominfo Kabupaten Pekalongan pilih kasih terhadap wartawan yang tergabung dalam organisasi wartawan tertentu.

Ketua IPJT Ali Rosidin berserta pengurus dan anggota diterima langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Anis. R didampingi Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Kusbianto

Dalam audensi tersebut, Kepala Dinas Kominfo Anis. R mengatakan untuk meningkatkan sinergitas publikasi informasi dan pemberitaan sekaligus menyerap berbagai problematika dan dinamika kehidupan pers di Kabupaten Pekalongan.

Beberapa gagasan dan permasalahan dikemukakan dalam pertemuan itu. Antara lain persoalan adanya organisasi wartawan di Kabupaten Pekalongan yang melakukan kegiatan sosial ke berbagai kades di lingkup per kecamatan di wilayah Pekalongan, yang mana ada indikasi kalau tidak masuk anggota salah satu organasi wartawan tersebut berarti bukan wartawan resmi.

Anis menepis dugaan tersebut sebagai miss komunikasi dan tidak akan membeda bedakan antara wartawan satu dengan yang lainnya

Anis mengakui jika organisasi pers bukan hanya PWI saja, dan IPJT diharapkan bisa eksis dan lebih baik dan profesional.

“Yang terpenting organisasi media dan wartawan juga berkomitmen memajukan iklim pers yang sehat,” jelasnya.

Anis juga mengungkapkan bahwa pemerintah harus hadir untuk memberikan edukasi, rambu-rambu, dan penguatan untuk media dalam rangka menciptakan iklim pers yang bebas namun bertanggung jawab dan profesional.

Pada kesempatan itu, Ketua IPJT Ali Rosidin mengemukakan lembaga pers tumbuh subur di Kab. Pekalongan di tengah menjamurnya lembaga pers yang didominasi media daring itu, tentu ada persoalan-persoalan yang menyertainya.

“Permasalahan ini sesungguhnya menjadi domain dari organisasi media, misalnya standarisasi perusahaan media. Organisasi media sangat berperan untuk melakukan pembinaan,” papar Ali Rosidi yang juga merupakan wartawan senior di Brigade News.

Ali menambahkan harus ada kesamaan hak dalam pemberitaan, advetorial dan iklan.

Kepala Diskominfo Pekalongan Anis R. minta media yang tergabung di IPJT yang namanya belum atau terdaftar di humas.

“Tolong sesegera mungkin mendaftar tentunya surat tugas dari redaksi dimana dia bekerja sebagai jurnalis/wartawan,” pungkasnya. (Dikin/Edy)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button