BANYUWANGIJATIM

Hasil Investigasi LSM Kobra Dibeberapa Titik, Temukan Warga Belum Terima Bansos 

BANYUWANGI, bidiknasional.com – Hasil Investigasi LSM Komando Bersama Rakyat (Kobra) dibeberapa titik, temukan Warga belum menerima Bantuan Sosial (Bansos) baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Hal ini disampaikan langsung oleh warga yang ditemui Ketua DPC LSM KOBRA Banyuwangi Daud Djoni, WD di wilayah Dusun Gunung Remuk, Desa Ketapang, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

” Ngeh (iya-red) pak, baru kemarin 2 bulan ini diberi beras lebih kurang 5 kg, dan selama suami saya sakit mata kurang lebih 4 Tahun ini, tiap harinya saya yang membatu suami dan belum ada Pemerintah untuk melihat kondisi suami saya yang sakit mata, sampai sekarang saya membantu suami kalau mau keluar rumah mau ke warung, saya sambil mengarahkan untuk jalannya, karena suami saya tidak bisa melihat, jadi kalau berjalan pelan-pelan ” Jelas Mak Parida, yang berprofesi sebagai penjual makanan dan minuman, di warungnya, Minggu (30/10/2021).

Lanjut Mak Parida, “saya bertempat tinggal kontrak, rumah di Dusun Gunung Remuk, Desa Ketapang, anak saya ada lima (5) tetapi sudah meninggal semua, hidup bersama suami dan menjalani hidup ini apa adanya dengan berjualan rujak lontong, kopi, teh, tiap harinya di warung,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Pak Wana’i suami Mak Parida menyampaikan,” keseharian kami hanya dibantu dan dilayani oleh istri. Saya penderita sakit mata kurang lebih 4 Tahun, dan istri yang selalu setia menemani saya, dan mengarahkan saat berjalan mau keluar rumah menuju ke warung ” Jelas Wana’i dirumah kontrakkan.

Ditemui wartawan selesai blusukan dibeberapa tempat, Daud Djoni meminta kepada Pemerintah Kabupaten Banyuwangi pada khususnya agar segera melakukan pengecekan dibeberapa wilayah terkait realosasi pembagian bansos.

Ia berharap, pemerintah daerah lebih turun lagi untuk menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang sangat membutuhkan untuk kehidupan keluarganya di semua wilayah di Banyuwangi.

” Ya harus turun dong, mencari dan menggali, bukan menunggu dan menerima. Mulai dari petugas dinas sosial, kecamatan, Kelurahan, RW dan RT,” pintanya.

Menurutnya,” UUD 1945 pasal 34 menyatakan ‘fakir miskin dan anak-anak terlantar di pelhara oleh Negara’ dan selanjutnya dalam pasal 27 ayat (2) juga menerangkan bahwa ‘tiap-tiap warga Negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi Kemanusiaan.

Pria yang akrab disapa Bang Djoni tersebut berharap dan meminta agar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan Wakil Bupati H. Sugirah bersama jajarannya Dinas Sosial, Forkopimcam setempat juga Kelurahan serta Desa setempat, untuk segera turun bersama guna pengecekan secara detail bagi warga masyarakat yang belum mendapatkan BANSOS dan ikut peduli membantu warganya yang sangat membutuhkan bansos di masa pandemi Covid- 19.

• LSM Kobra Peduli dan Berbagi

Ketua DPC LSM KOBRA Daud Djoni, WD

Setali tiga uang kata Ketua DPC LSM KOBRA Daud Djoni, WD, sembari blusukan sekaligus berbagi kepedulian dengan memberikan bantuan sedikit meringankan beban masyarakat Dusun Remuk, Desa Ketapang.

” Alhamdulilah, saya dapat berbagi kasih untuk warga Dusun Remuk, Desa Ketapang dan bertemu dengan Mak Parida penjual rujak lontong. Setelah melihat langsung kondisi Pak Wana’i di rumah kontrakannya,saya ikut prihatin atas perjalanan hidup keluarga Pak Wana’i dan Mak Parida, semoga ada dermawan yang ikut peduli dan membantu untuk kesembuhan mata pak Wana’i dan semoga Pemerintah Daerah Banyuwangi juga ikut peduli kepada masyarakatnya,” urainya.

” Saya juga sedikit berbagi kasih dari hati nurani ikhlas dan tidak ada maksud untuk dipuji namun ingin menanamkan jiwa sosial peduli kemanusiaan,” jelas Daud Djoni.

(Jojo, Ripto/ Tim)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button