JAKARTA

Rayakan HUT Ke-44, BPJS Ketenagakerjaan Gelar Lomba Foto Berhadiah Total 105 Juta

JAKARTA, bidiknasional,com – 6 November 2021. Memasuki usianya yang ke 44, BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali menggandeng Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta guna menggelar lomba fotografi bertema “BPJAMSOSTEK Adaptif dan Solutif Untuk Pekerja Indonesia” yang dibuka pendaftarannya sejak 1 November hingga 5 Desember mendatang.

Sedikit berbeda dengan penyelenggaraan tahun 2019 silam, kali ini BPJAMSOSTEK tak hanya membuka kategori khusus bagi jurnalis, namun juga menambah dua kategori lainnya yaitu umum dan handphone. Dengan demikian selain sebagai bentuk apresiasi kepada para pewarta foto, lomba kali ini juga menjadi ajang penyaluran bakat para penghobi fotografi maupun masyarakat umum yang telah turut mengabadikan dan mempublikasikan potret aktivitas pekerja di Indonesia, termasuk juga kegiatan BPJAMSOSTEK dalam bentuk karya foto jurnalistik.

Penambahan kategori peserta ini secara tidak langsung juga diharapkan mampu meningkatkan jumlah karya foto yang ikut serta dalam perlombaan tahun ini.

“Dalam rangka semarak HUT ke-44 BPJAMSOSTEK di tahun 2021 ini, kami bersama dengan rekan-rekan PFI Jakarta menggelar kegiatan lomba foto yang dapat diikuti oleh pewarta foto dan masyarakat umum di seluruh Indonesia. Melalui tema yang diusung tahun ini diharapkan mampu menunjukkan kepada masyarakat terkait beragam inovasi dan upaya yang telah dilakukan BPJAMSOSTEK dalam memberikan perlindungan bagi pekerja indonesia khususnya sektor informal atau Bukan Penerima Upah yang menjadi fokus BPJAMSOSTEK tahun mendatang,” jelas Pps. Deputi Direktur Bidang Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga BPJAMSOSTEK Dian Agung Senoaji.

Dari tema utama tersebut, BPJAMSOSTEK menurunkannya dalam 2 sub tema yang dapat dipilih oleh peserta yaitu “Perlindungan Jaminan Sosial Bagi Pekerja Informal” yang dijadikan fokus utama dalam perlombaan ini. Selain itu peserta juga dapat menggunakan sub tema lain sebagai alternatif yaitu “Pekerja Dengan Risiko Tinggi”.

Total hadiah yang akan diperebutkan tahun ini adalah sebesar Rp105 Juta, jumlah tersebut jauh meningkat jika dibandingkan dengan hadiah lomba sebelumnya.

Untuk memenangkan hadiah tersebut peserta dapat mengirimkan 10 karya foto terbaiknya dengan ketentuan umum diantaranya, foto merupakan hasil karya sendiri dan diambil selama periode November 2020 hingga November 2021.

Selain itu, untuk kategori jurnalis karya foto yang diikutsertakan harus sudah pernah terbit di media masing-masing. Sedangkan untuk kategori umum dan handphone, karya foto harus diunggah di instagram pribadi dan wajib memention akun instagram @bpjs.ketenagakerjaan dan @pfijakarta dengan menuliskan hastag #44TahunBPJAMSOSTEK pada caption.

Seluruh karya yang telah dikirimkan akan dinilai langsung oleh dewan juri profesional yang terdiri dari Achmad Ibrahim (Jurnalis Associated Press), Adek Berry (Jurnalis Agence France-Presse) dan Direktur Utama BPJAMSOSTEK Anggoro Eko Cahyo. Nantinya akan dipilih 44 karya foto terbaik yang terdiri dari 3 juara dari masing-masing kategori dan 35 pameris.

“Bagi rekan-rekan pewarta foto dan masyarakat umum jangan sia-siakan kesempatan ini dan segera kirimkan karya terbaiknya karena pendaftaran tidak dipungut biaya dengan hadiah menarik. Untuk informasi yang lebih lengkap dapat menghubungi humas BPJAMSOSTEK atau sekretariat PFI Jakarta,” pungkas Dian.

Senada dengan Dian, Kepala BPJAMSOSTEK Surabaya Karimunjawa Indra Iswanto masyarakat umum masih memiliki waktu dan kesempatan untuk mendaftar serta merebut juara sesuai yang dikategorikan yang dipersyaratkan oleh panitia.

“Mudah-mudahan dengan terselenggaranya perlombaan karya foto oleh BPJAMSOSTEK dapat memacu semangat para fotografer maupun masyarakat umum dalam membantu mensosialisasikan program perlindungan Jamsostek melalui karya-karya foto terbaiknya,” ungkap Indra.

(*/boody)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button