JATIMNGAWI

Dorong Peningkatan Konsumsi Ikan, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ngawi Sosialisaikan GEMARIKAN

Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ngawi menggelar bagi bingkisan paket ikan lele & bumbu frozen GEMARIKAN (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan)

NGAWI, bidiknasional.com – Tingkatan konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia masih tergolong rendah. Ikan yang kaya akan kandungan protein, semestinya bisa menjadi alternatif lauk pendamping yang bergizi dalam menu makanan sehari-hari.

Sayangnya, aroma yang cenderung lebih amis dibandingkan dengan jenis lauk-pauk lainnya, membuat olahan ikan seringkali menjadikan pilihan terakhir dalam menu sajian lauk – pauk sehari – hari.

Begitu juga hal-nya di Kabupaten Ngawi Rendahnya tingkat konsumsi ikan pada masyarakat Ngawi yang masih sangat rendah, menjadikan Pekerjaan Rumah tersendiri bagi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi.

Hal ini disampaikan oleh Bonadi AKS,MM. Kepala Badan Ketahanan Pangan & Perikanan kabupaten Ngawi mengatakan,“Tingkat konsumsi ikan di Ngawi ini masih sangat rendah. Untuk tahun kemarin (2019) 24 kg/ kapita per tahun, kemudian di tahun 2020 sebesar 26,56 kg/ kapita per tahun,” ujarnya kepada bidiknasional.com, Rabu (24/11/2021).

“Meskipun sudah mencapai kenaikan yang signifikan, tapi Kabupaten Ngawi masih jauh dari tingkat konsumsi Jawa Timur dan nasional,” imbuhnya.

Masih Bonadi, untuk menindaklanjuti fakta tersebut, Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Ngawi mempunyai kiat tersendiri untuk meningkatkan antusias warganya akan konsumsi ikan dengan menggelar bagi bingkisan paket ikan lele & bumbu frozen , GemarIkan (Gerakan memasyarakatkan makan ikan).

“Sebenarnya, ini adalah kegiatan rutin kami setiap bulan. Ini kita gabungkan, antara pembudidaya ikan dan UMKM yang ada di kabupaten Ngawi,hal Ini adalah bentuk perhatian dan usaha kami untuk meningkatkan kegiatan UMKM juga,” terangnya.

Kegiatan ini dihadiri sekitar 100 Peserta diantaranya Kepala Dinas Pangan & Perikanan, camat Kendal, Poklaskar, Pokdakan dan Ibu – ibu yang memiliki Balita.

Sosialisasi GEMARIKAN di Sumber Air Gendingan desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi

Hal senada juga di sampaikan dr.Ana Mursida Ony Anwar waktu mengunjugi acara Gemar memasyarakatkan makan ikan.

dr.Ana Mursida Ony Anwar menyampaikan ,” Saya menghimbau kepada semua warga Ngawi khususnya para ibu – ibu yang hadir disini serta yang masih memiliki Balita agar turut serta mensosialisasikan dan memasarakatkan gerakan Gemar makan Ikan. Upaya tersebut di lakukan Pemerintahan Ngawi guna mencetak generasi muda yang sehat & handal .

Untuk diketahui, sosialisasi ini digelar di Sumber Air Gendingan desa Sidorejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi.

Diharapkannya, ” sosialisasi ,”GEMARIKAN,” hendaknya para ibu – ibu yang hadir ini ikut menularkan. Terhadap guru-guru Paud, bisa menjadi ujung tombak pengenalan ikan sedini mungkin, terhadap anak-anak.

“Semoga dengan kegiatan-kegiatan ini, bisa meningkatkan konsumsi ikan di masyarakat Kabupaten ngawi,” pungkasnya.

Dipenghujung acara, dr.Ony Anwar membagikan bingkisan kepada peserta yang hadir dan dilanjutkan menebar benih ikan. (kominfo/leo)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button