28/01/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Hebat, Pemdes Nailan Bangun Taman Baca Demi Meningkatkan Kecerdasan dan Wawasan Warga

2 min read

Nurhadi, ST, Kepala Desa Nailan Kecamatan Slahung, Kab. Ponorogo

PONOROGO, bidiknasional.com – Upaya penyebarluasan budaya gemar membaca harus dilakukan bersama antara pemerintah dan masyarakat. Salah satunya dengan penyediaan fasilitas baca alias taman bacaan masyarakat (TBM) yang lengkap di setiap desa.

Hebat, Demikian kata ini pantas diberikan kepada Nurhadi, ST, Kepala Desa Nailan beserta dengan perangkat desa, pengurus BUMDes dan warganya.

Desa Nailan yang masuk dalam wilayah Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Provinsi Jawa Timur , melaksanakan kegiatan kerja bakti dalam pembangunan Taman Baca yang bersumber dari anggaran Dana Desa Tahun 2021, bertempat di Desa Nailan, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu (1/12/2021).

Dikatakan Kepala Desa Nailan, Nurhadi, ST, bahwa sebagai upaya mewujudkan salah satu program Pemerintah untuk menuju desa layak anak dan guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mencerdaskan warganya, Pemerintah Desa Nailan melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), baik dari BPD, tokoh masyarakat dan pemuda memanfaatkan anggaran dari Dana Desa tahun 2021 untuk pembangunan Taman Baca.

“Selain itu, dibangunnya Taman Baca ini juga menjadi salah satu prioritas pembangunan, karena keberadaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) kami nilai berdampak positif untuk membantu anak-anak Desa Nailan dan sekitarnya dalam mengakses bahan bacaan dan informasi, pembentukan mental dan karakter anak, kreativitas, inovasi, juga membantu anak dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan,” jelasnya.

Lebih lanjut Kades Nurhadi mengungkapkan, bahwa terbangunnya Taman Baca yang lokasinya bersebelahan dengan Puskesmas dan Lapangan Desa Nailan tersebut, dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Nailan, menjadikan salah satu semangat baru dan semangat membaca bagi anak-anak agar bisa diaplikasikan secara langsung di masyarakat.

“Taman Baca ini juga sebagai ikon untuk memperindah penataan desa dengan konsep adanya taman bunga, pendopo, gazebo, spot selfie dan halaman yang luas. Meski tahap pembangunan baru berjalan 80 persen, namun warga sudah begitu antusias dengan memanfaatkan taman baca ini sebagai tempat bermain, rekreasi, sarana olah raga dan salah satunya pernah untuk lokasi pengambilan video virtual perlombaan,” ungkapnya.

Nurhadi berharap, dengan terbangunnya taman baca ini nantinya akan menjadi pusat kreatifitas dan kesenian, juga sebagai taman kuliner untuk menambah pendapatan ekonomi bagi warga Desa Nailan dan sekitarnya, serta dapat menunjang akses dan pilihan bahan bacaan warga terkhususnya anak-anak dalam memperoleh wawasan, mengingat di era pandemi ini kegiatan sekolah siswa secara langsung terbatas sehingga taman baca yang didirikan ini dapat menjadi salah satu rujukan siswa dalam belajar.

“Harapan kami adanya Taman Baca ini bisa menjadi pusat kesenian dan kreatifitas anak-anak maupun warga. Untuk itu kami konsep juga untuk menjadi taman usaha kuliner. Nantinya dilokasi depan ada berbagai stand atau toko untuk berjualan dan penjual pun diprioritaskan berasal dari Desa Nailan. Semoga terbangunnya taman baca ini bermanfaat bagi masyarakat Desa Nailan dan sekitarnya, juga membawa nama Pemerintah Desa untuk menuju Desa Mandiri dan Desa Berkembang,” pungkasnya. (Andhy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

bidiknasional.com/by_boodysank@gmail.com | Newsphere by AF themes.