JATIMSITUBONDO

Dorong Produktifitas, Digratiskan Listrik untuk 713 RTM

SITUBONDO, bidiknasional.com – Pemerintah Provinsi Jawa Timur terus menyisir perluasan sambungan rumah untuk elektrifikasi di Jatim. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi General Manager PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto pun menandainya dengan menyalakan secara langsung sambungan listrik gratis kepada Rumah Tangga Miskin (RTM).

Dengan mengendarai motor listrik dari Pelabuhan Penyebrangan Jangkar, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi General Manager PLN UID Jawa Timur, Adi Priyanto dan Bupati Situbondo Karna Suswandi menuju Desa Perante Kecamatan Asembagus – Situbondo langsung menuju rumah penerima program dan menyalakan secara langsung sambung listrik gratis kepada tiga orang perwakilan penerima bantuan yakni Ibu Fatimah (68 tahun), Zainiyah Arsis (43 tahun), Cuci Imniyati (55 tahun) di Desa Perante Kec. Asembagus, Minggu (19/12).

Total sebanyak 713 sambungan listrik gratis diberikan. Dari jumlah itu, sebanyak 270 sambungan listrik gratis bantuan dari Pemprov Jatim dan sebanyak 443 sambungan listrik dari PT PLN (UID) Jatim.

Gubernur Khofifah meminta kepada Bupati Situbondo untuk segera melakukan pemetaan terhadap rumah warga yang belum teraliri listrik sekaligus mengidentifikasi bedah rumah layak huni.

“Segera dilakukan pemetaan apakah kaitannya dengan instalasi PLN atau PLTS. Mari kita detailkan kebutuhan masyarakat agar masyarakat bisa beribadah lebih khusyuk, utamanya anak anak bisa belajar lebih baik dan keluarga bisa melakukan kegiatan ekonomi dengan baik,” tegasnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan secara simbolis Sambungan Intalasi Listrik kepada RTM dan EBT yang diterima warga di Kab. Situbondo, Bondowoso dan Banyuwangi oleh Gubernur Khofifah.

Tak hanya itu, juga diserahkan hibah secara simbolis Sambungan Listrik dan PLTS antara lain, sambungan listrik gratis ke Pokmas Walida Desa Tlogosari Kec. Sumber Malang, Situbondo sebanyak 270 instalasi rumah tangga.

Sementara itu, juga diserahkan hibah bantuan dari Pemprov Jatim berupa PLTS ke Pokmas Sumber Anggrek Terang Desa Sumber Canting Kab. Bondowoso sebanyak 22 penerima, PLTS ke Pokmas Pucuk Pancoran Kab. Banyuwangi sebanyak 18 penerima.

Pada kesempatan itu juga dihibahkan sambungan listrik PLTS ke Pokmas Merak Menyala Desa Sumberwaru, Kec. Banyuputih Situbondo sebanyak 20 penerima serta PLTS Pokmas Kec. Gading Probolinggo berupa 15 KK penerima Pikohidro dengan total penerima hibah sebanyak 345 KK. (dji)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button