BANYUWANGIJATIM

Pos Digital Polresta Banyuwangi, Siap Lakukan Pengamanan dan Pemantauan Nataru

BANYUWANGI, bidiknasional.com – Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyuwnagi menggelar Apel Gelar Pasukan Ops Nataru Semeru 2021, pada Kamis (23/12/2021) bertempat di Lapangan Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi.

Terlihat hadir dalam jajaran tamu undangan Kapolresta Banyuwangi AKBP Nasrun Pasaribu, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Ansori, Sekda Kabupaten Banyuwangi H. Mujiono, Dandim 0825 Letkol Kav Eko Julianto Ramadhan, Wakil Bupati Banyuwangi H.Sugirah, dan Kepala KSOP Letkol (Mar) Benyamin Ginting.

Pimpinan apel Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, menyampaikan bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin-2021” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemkab, dan Mitra Kamtibmas lainnya.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian,” lanjut Bupati Banyuwangi.

Ipuk melanjutkan bahwa peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar Lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19.

Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman.

“Dalam pelaksanaan pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polresta Banyuwangi telah mempersiapkan 919 personil, terdiri 420 personel Polri, 120 personel TNI, serta 379 personel instansi terkait lainnya. Personel tersebut akan ditempatkan pada 9 pos pengamanan/pelayanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamseltibcar Lantas, dan 10 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian, pusat perbelanjaan, stasiun, terminal, bandara, pelabuhan, DLL. Obyek pengamanan sebanyak 222, terdiri dari 6 terminal, 8 stasiun, 3 pelabuhan, 1 Bandara, 161 gereja, 8 pusat perbelanjaan, dan 36 tempat wisata” papar Bupati Banyuwangi.

Ipuk berpesan bahwa pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimate dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Banyuwangi menyampaikan kesiapan 28 kamera CCTV yang dipasang di beberapa titik di Pelabuhan Ketapang. Pemantauan itu digelar di ruang monitor CCTV yang terpasang di Pos Terpadu Ketapang. Alat kontrol pengawasan digital di Pos Terpadu Ketapang telah beroperasi sempurna.

“CCTV ini selain terintergrasi dengan Istana Kepresiden juga terhubung dengan Mabes Polri. Sehingga kita perlu melakukan konsolidasi agar pantauan arus lalu lintas di Banyuwangi bisa berjalan lancar,” terang AKBP Nasrun Pasaribu.

“Semua persiapan pengamanan dan pelayanan telah Kami lakukan menyambut pengamanan arus mudik dan balik Nataru tahun ini. Tinggal konsistensi dan konsolidasi anggota di lapangan yang perlu dioptimalkan agar pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian tidak mengalami kendala,” tegas Kapolresta Banyuwangi.

AKBP Nasrun berharap pengisian manifes penumpang tidak berdampak terhadap penumpukan kendaraan di areal pelabuhan. Polresta Banyuwangi dan ASDP plus jajaran terkait telah melakukan koordinasi untuk mencari solusi. Semua itu mesti dijalankan secara cepat dan cermat sehingga segala kendala di lapangan bisa segera diatasi. (dj@/humas/bn)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button