JATIMNGANJUK

Tanpa Izin, Aktifitas Tambang Galian C dsn Gilis Desa Macanan Loceret, APH Mandul

Lokasi galin c di dsn Gilis, Desa Macanan Loceret, Kabupaten Nganjuk

NGANJUK, BIDIKNASIONAL.com – Kegiatan penambangan galian C Ilegal di dsn Gilis Desa Macanan, Loceret, Kabupaten Nganjuk terindikasi tidak punya izin seolah-olah kebal hukum, sehingga kegiatan galian C selama ini tetap berjalan dengan aman tanpa ada rasa cemas sedikitpun.

Tambang galian C tersebut nekat beroperasi meski belum mengantongi izin penambangan dari Dinas Energi Sumber Daya Manusia (ESDM).

“Kami sebagai warga dusun Gilis, selalu tertindas, tidak ada yang membela kami, setiap hari dump truk, mondar – mandir hingga jalan desa semakin rusak, apalagi akan musim hujan, ini masalah serius, kelihatannya Aparat Penegak Hukum atau Penegak Perda Pemkab Nganjuk, juga tidak menindak,” kata warga desa Macana pada wartawan, yang tidak mau disebutkan namanya, Jumat (8/07/2022).

Berdasarkan Pasal 158 UU No 4 Tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara disebutkan, setiap orang yang melakukan usaha penambangan tanpa Izin Usaha Pertambangan (IUP), Izin Pertambangan Rakyat (IPR) atau Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) dapat dipidana dengan pidana penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 10 Milyar.

Selain izin IUP dan IPR, pengelola juga harus memiliki izin khusus penjualan dan pengangkutan sesuai Pasal 161 UU No 4 Tahun 2009.

Saya harap aparat setempat untuk menindak tegas persoalan ini karena sudah banyak masyarakat yang merasa tidak nyaman atas gangguan jalan lingkungan yang disebabkan adanya Galian C ini.

“Kami inginkan untuk segera berhenti, bolehlah kalau sudah ada izin lalu jalan diperbaiki dan warga diberikan kompensasi perbulan, yang rumahnya dilewati dump truk urug, ” pungkasnya pada wartawan.

Laporan: Isk

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button