28/09/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Bahas UHC, BPJS Kesehatan Pasuruan Gelar Pertemuan Bersama Pemkab Probolinggo

2 min read

PROBOLINGGO, BIDIKNASIONAL.com –  BPJS Kesehatan Pasuruan berupaya terus mengejar capaian UHC (Universal Health Coverage) atau Jaminan Kesehatan semesta (JKS). Adapun dalam hal ini, Kabupaten Probolinggo menjadi fokus utama demi memuluskan capaian UHC yang ketiga.

Guna mengulas hal itu, BPJS Kesehatan Pasuruan menggelar pertemuan pembahasan persiapan UHC Kab. Probolinggo , Senin (18/07), bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra (1) Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto, Kabid Pelayanan dan kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Probolinggo, dr. Dwi Indah Lestari, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Cataatan Sipil, Dinas Tenaga kerja, Bagian Hukum dan Kerjasama dan Kepala Bidang Perluasan, Pemeriksaan dan Pengawasan peserta, Anang Cahyono.

Anang Cahyono selaku Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Peserta (P4) BPJS Kesehatan Cabang Pasuruan pada pertemuan tersebut menjelaskan, menurut data BI per bulan Juli 2022 jumlah penduduk yang telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS pada saat ditandatanganinya Rencana Kerja ini adalah sejumlah 1.102.628 Jiwa atau 95,27% dari total penduduk Kabupaten probolinggo. Sisa procentase 4,73% tetap menjadi acuan untuk nantinya dieksekusi.

” Bersama Dinas terkait kami masih memproses data kepesertaan yang ditemukan di lapangan. Jika administrasi dan kelengkapan data telah dipenuhi dimungkinkan UHC Kabupaten Probolinggo dapat dilaksanakan mulai Agustus 2022,” ujarnya.

Penyusunan PKS dan percepatan persiapan UHC Kab probolinggo kata Anang Cahyono terus dilakukan guna memastikan kesiapan di berbagai lini sector dan dinas terkait. Kesiapan data yang dimiliki oleh dinas dukcapil , dinas sosial dan disnaker. Dukungan terus diminta dari berbagai dinas terkait.

Disisi lain, Kabid Pelayanan dan kesehatan Dinas Kesehatan Kab. Probolinggo, dr. Dwi Indah Lestari mengatakan,” kami terus meminta dukungan penuh dari pemerintahan juga dinas dinas terkait untuk percepatan UHC ini, terkait data masyarakat yang lebih update dari dinas sosial juga validasi data dari disdukcapil,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan dan Kesra (1) Sekretaris Daerah Kabupaten Probolinggo, Heri Sulistyanto menegaskan Pemerintah Kabupaten Probolinggo akan memberikan dukungan penuh.

” Dukungan dari pemerintahan Kabupaten Probolinggo ini terus kami berikan. Kami dukung penuh untuk capaian UHC ini. Harapan kami, masyarakat bisa merasakan jaminanan pelayanan kesehatan dengan/semakin mudah dengan adanya predikat UHC ini. Tujuan kita, pemerintahan sebagai kepanjangan tangan memberikan pelayanan kepada masyarakat salah satunya ya, dengan capaian UHC ini. Jika akses masyarakat untuk mendapatkan pelayanan semakin mudah maka pastinya kesejahteraan pun meningkat,” paparnya.

” Semoga bisa segera Gol ya, dari dinas dan bidang terkait cepat untuk persiapannya,” imbuhnya.

Heri Sulistyanto berharap, dinas terkait terus memberikan pelayanan terbaik dan memberikan dukungan terhadap tercapainya program JKN melalui Universal Health Coverage ini.” Tidak hanya sebatas tercapai saja tapi mampu menjaga dan terus meningkatkan capaian hingga 100%,” tandasnya.

Penting sebagai informasi, upaya UHC adalah cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas dan efektif.

Laporan: boody

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.