JATIMLAMONGAN

RSUD Lamongan In-House Training, Tingkatkan Kompetensi Keperawatan dalam Pemeriksaan Fisik dan Pendokumentasian

Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan, dr. Moh.Chaidir Annas, M.MKes., Selasa, (26/07), membuka In-House Training Peningkatan Kompetensi Keperawatan Dalam Pemeriksaan Fisik dan Pendokumentasian.

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) dr. Soegiri Lamongan, menyelenggarakan In-House Training Peningkatan Kompetensi Keperawatan Dalam Pemeriksaan Fisik dan Pendokumentasian.

Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan,
dr. Moh.Chaidir Annas, M.MKes dalam hal ini menyampaikan, “Untuk Rumah Sakit Dr. Soegiri ini suatu lembaga yang memberikan layanan publik.

Layanan publik itu terdiri dari beberapa komponen, yang pertama tentu sarana dan peralatan.

“Sarana dan peralatan kita sudah “OK”, peralatan medis kita sudah canggih-canggih, memiliki alat-alat teknologi kedokteran yang terupdate, ruangan perawatan kita juga sudah bagus.

Kita juga upgrade dibeberapa era akhir-akhir ini. Kemudian inovasi-inovasi juga kita selalu munculkan layanan-layanan baru di RSUD Dr. Soegiri.

Satu hal yang masih menjadi PR (pekerjaan rumah) kita adalah SDM (sumber daya manusia, menurut dr. Annas, SDM ini sesuatu yang sangat penting.

Apa artinya alat yang hebat, sarana yang bagus tapi tidak didukung dengan SDM yang berkwalitas yang hebat itu “Notime” tidak ada artinya apa-apa.

Oleh karena itu, pelatihan pada hari ini yang berbicara tentang kopetensi SDM. Ini berarti ada suatu dinamika ada suatu pemikiran yang kuat dari kita untuk meningkatkan layanan kita,” ujar dr. Annas. Selasa, (26/07).

Diterangkan dr. Annas, memang layanan pemerintah semua mata melihat dan tertuju kepada kita, untuk melihat dan menilai.

Maka dari itu faktor SDM (Sumber Daya Manusia) betul-betul harus mendapatkan pembinaan secara berkala yang terus menerus.

Sehingga pada akhirnya akan menghasilkan satu pelayanan yang berkwalitas.

“Kalau nanti pelayanan kita sudah berkwalitas out put nya yang dilayani akan puas dan inpuck nya adalah akan terjadi loyalitas pelanggan, ya kita akan dibutuhkan oleh masyarakat.

Nah, kalau ini terjadi, kata dr. Annas, maka kehadiran RSUD Dr. Soegiri ini betul-betul nanti akan bisa dirasakan oleh masyarakat, jadi kira-kira konsepnya seperti itu,” katanya.

Lebih lanjut, kembali kepada kopetensi dunia layanan. Kopetensi itu sangat dasar dan sangat penting. Ketika kita ada seleksi ketenagaan di RSUD Dr. Soegiri pasti ada suatu standar-standar yang kita tetapkan.

Diantaranya ada kretensial, itu sudah kita berbicara tentang kopetensi. Nah, apakah dirana itu kita sudah cukup segitu saja, “Belum. Maka, kita terus harus tetap mengupayakan untuk mengupgread meningkat diucapkan dr. Anas berkali kali.

Sesuai dengan perkembangan zaman. Perkembangan tuntutan dari pelayanan, perkembagan dari kepuasan masyarakat.

Nah ini saya apresiasi dari Komite Keperawatan bisa melaksanakan ini, mudah-mudahan nanti disambung dengan workshoop yang lainnya.

Kedua, selain kopetensi, saya berbicara tentang komunikasi tempo hari kita sudah ada workshoop komunukasi. Di paramedis di Nakes kemarin.

Sebelum beberapa minggu yang lalu dari Komnakes (komunikasi tenaga kesehatan) lain mengadakan diklat komunikasi efektif jauh sebelumnya dari komper (komunikasi perawat) sudah melaksanakan itu seingat saya.

Jadi kopetensi yang handal disertai dengan komunikasi yang bagus, maka ini semakin memberikan citra positif terhadap rumah sakit.

Oleh karena itu ini juga penting. Jadi kita jangan segan-segan untuk memberikan suatu informasi, edukasi kepada pasien, pengunjung-pengunjung tentang apa yang seharusnya dilakukan, apa yang seharusnya dipersipkan.

Hal ini untuk memperoleh kesehatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di RSUD Dr. Soegiri Lamongan atau untuk menangani keluhan-keluhan yang dirasakan oleh pasien di rumah sakit.

Sehingga dua hal kopetensi, komunikasi dan yang ketiga sikap layanan (atituct), etik layanan ini sangat penting.

Kopetensi “OK”, komunikasi “OK”, tapi kalau nanti kita tidak bisa memberikan sikap keperawatan yang bagus di dalam pelayanan itu juga nanti tidak akan bisa sukses.

Dalam kesempatan ini mari meningkatkan tiga hal. Kopetensi “OK”, komunikasi “OK” dan sikap layanannya “OK” maka Insya’Allah tidak lama lagi rumah sakit Dr. Soegiri akan menjadi semakin baik dan terus baik,” terang dr. Annas mendapatkan uplause oleh peserta workshoop.

Ditambahkan dr. Annas, pada akhir tahun nanti Insya’Allah akan melakukan akreditasi, kita sudah terbiasa paripurna dibawah kepemimpinan dr. Eka Insya’Allah paripurna. Aamiin…

Nah, menurut dia, ini tidak akan terjadi jika tanpa dukungan dari kita semua. Untuk itu mari kita tingkatkan layanan, mari kita siapkan akreditasi semaksimal mungkin.

“Mari kita berkoordinasi dengan bekerjasama dengan baik. Mudah-mudahan akreditasi nanti paripurna yang ketiga RSUD dr. Soegiri Lamongan. Aamiin…

Selanjutnya, RSUD dr. Soegiri ini memiliki beberapa layanan unggulan, layanan unggulan yang belum tersosialisasi dengan baik,” terangnya.

Diantaranya poli kecantikan, poli kecantikan ini menjadi hal yang berbeda di RSUD dr. Soegiri Lamongan. Dipantura ini belum ada rumah sakit yang memiliki poli kecantikan, kita sudah mendahului tapi belum tersosialisasi dengan baik.

Kita maklumi karena adanya usia poli kecantikan baru tiga bulan, tidak apa-apa, ini sebagai evaluasi kita.

Saya berharap, kata dr. Annas, setelah kegiatan ini dilaksanakan bisa menjadi againt-againt untuk mensosialisasikan layanan-layanan di RSUD dr. Soegiri.

“Jadi sampaikan yang baik-baik, yang tidak baik sampaikan ke kami untuk menjadi koreksi kita bersama.

Layanan poli kecantikan kemudian layanan antar obat kerumah (Latar Omah), kemudian pendaftaran melalui Online Soegiri Mobile yang kini terus berbenah.

Ini tolong disampaikan kepada masyarakat, agar masyarakat bisa mengakses layanan-layanan kita ini dengan lebih mudah.

Dengan demikian syiar dari pada RSUD dr. Soegiri ini bisa luas lagi dan betul-betul bisa menjadi mercusuar di Kabupaten Lamongan.

Kemudian layanan-layanan unggul di kita seperti alat-alat kedokteran ini sampaikan diluar. Seperti Yesware, Dialisis, bukan emodialisis. Ini sesuai perijinan yang baru.

“Alhamdulillah kita sudah dapat ijin dari Kementrian Kesehatann RI kemarin, tinggal kita menyelesaikan PR (pekerjaan rumah) yang dititipkan pada kita itu masih menjadi pekerjaan rumah yang harus kita penuhi.

Nanti Dialisis ini kedepan menjadi yang terbaik diatara Dialisis-dialisis lain di sekitar Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Saya berharap anda semua tetap semangat bersama RSUD dr. Soegiri dengan semua dinamika dengan semua program-programnya.

Saya berharap juga kedepan kita sudah memiliki aula dari Komper (komunikasi perawat) nanti barangkali diklat-diklat selanjutnya saya mempersilahkan.

“Semoga diklat hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan kita semuanya,” pinta dr. Annas.

Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohim memohon ridho dari Allah S.W.T., workshoop dan seminar Dalam Pemeriksaan Fisik dan Pendokumentasian di RSUD dr. Soegiri Lamongan secara resmi saya nyatakan dibuka dan dimulai.

Dalam pesan dr. Moh. Chaidir Annas selaku Direktur RSUD dr. Soegiri Lamongan. “Selamat melaksakan seminar dan workshop semoga Allah S.W.T., senantiasa memberikan kemudahan kesehatan dan perlindungan kepada kita semuanya.

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button