BANDAR LAMPUNG

Danrem 043/Gatam: TMMD Momentum Tingkatkan Kebersamaan, Gotong Royong Serta Kemanunggalan TNI dan Rakyat

● Penutupan Program TMMD ke-114 Kodim 0421/LS

BANDAR LAMPUNG, BIDIKNASIONAL.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 Kodim 0421/LS, bertempat di Lapangan Tritura Desa Kedondong Kec.kedondong kab. Pesawaran, secara resmi di tutup Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P, Rabu (24/8/2022).

Acara penutupan ini, turut dihadiri oleh Bupati Pesawaran Hi.Dendi Ramadhona Kaligis, ST., M.Tr.,I.P, Kasiren Korem 043/Gatam Kolonel Arh Tri Adrijanto S,.Kasiter Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Risa Wilsi, S.H., M.H, Kasipers Kasrem 043/Gatam Letkol Arm Riski Budianto, S.Sos, M.M,.Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P. M.Si, Pabung pesawaran Mayor Inf Ihara, Danbrigif 4 Mar/BS Mayor Mar Edi Sumipta, Danlanal Lampung Diwakili Kaurgakum Kapten laut PM Marhadi,Dandenbekang Letkol Cba Muh Said, Dandenpom II/3 Lampung Letkol CPM ika budaya S.H.M.I.P, Wadan denhubrem 043/Gatam, Kapolres Pesawaran AKBP Pratomo Widodo, S.I.K.,M.Si, dan jajaran Forkopimda kab.Pesawaran.

Dandim 0421/LS Letkol Inf Fajar Akhirudin S.I.P. M.Si, Selaku Dansatgas dalam laporan hasil pelaksanaan TMMD menyampaikan, TMMD ke-114 yang berlangsung di desa babakan loa Kecamatan kedondong  Kabupaten  Pesawaran selama satu bulan ini melibatkan sebanyak 150 Personil terdiri dari, TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, Polri dan Pemda.

“Untuk pengerjaan sasaran fisik dan non fisik sampai dengan penutupan Program TMMD ke-114 Kodim 0421/LS semua berjalan sesuai dengan rencana dan selesai 100 persen, yang mana TMMD merupakan wujud operasi bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Polri, kementrian atau lembaga pemerintahan non kementrian dan pemerintah daerah serta seluruh komponen masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan khususnya di daerah tertinggal,” ujar Dansatgas.

Sementara, Kasad dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Ruslan Effendy, S.I.P, menyampaikan acara penutupan TMMD ke-114 TA. 2022 diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“ Selama  satu bulan sejak tanggal  26 juli s/d 24 agustus 2022, para prajurit, pemda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD  ke-114 TA.2022, Kebersamaan ini merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khusus nya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah, oleh karena itu sebagai kepala staf angkatan darat dan selaku penanggung jawab operasional TMMD, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materiel sehingga kegiatan TMMD ke-114 ini dapat terselenggara dengan aman dan lancar,” urainya.

Ditambahkan, Program TMMD Ke-114 tahun 2022 yang dilaksanakan di wilayah kodim, 0421/LS di Desa Babakan Loa Kecamatan Kedondong Kab. Pesawaran, telah dikerjakan sasaran fisik, berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur, diantaranya yaitu, perbaikan lapis pondasi agregat Kelas B panjang 500 meter, lebar 3 meter dan tebal 15 centimeter, pembangunan jalan rabat beton panjang 1.093 Meter, lebar 3 meter dan tinggi 15 centimeter, pembuatan 1 unit gorong-gorong plat beton panjang 4 meter, lebar 1,5 meter, tinggi 2 meter dan sasaran tambahan  berupa pembuatan 1 unit sumur bor.

Lebih lanjut dalam Amanatnya Kasad, menyampaikan, pencapaian program sasaran fisik di atas juga diimbangi dengan pencapaian pada sasaran non- fisik berupa  penyuluhan kepada masyarakat tentang wawasan kebangsaan, penyuluhan bela negara, penyuluhan siskamling, penyuluhan bahaya narkoba,  penyuluhan bahaya penularan covid-19, stunting, posyandu dan posbindu penyakit tidak menular, Kegiatan ini dibutuhkan dalam rangka membangun serta memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat untuk mendukung program pemerintah tentang percepatan penurunan stunting, ketahanan pangan dan penanganan kesehatan, “ terangnya.

Laporan: PENREM/Suhartono

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button