06/10/2022

BIDIK NASIONAL

Berita Investigasi

Sosialisasi Pemberdayaan P3A/GP3A/IP3A BBWS Sungai Citanduy

2 min read

CIAMIS, BIDIKNASIONAL.com – Sosialisasi Pemberdayaan  P3A /GP3A / IP3A  BBWS Sungai Citanduy diselenggarakan di kantor UPI (Unit Pengelola Irigasi) yang diikuti oleh kelompok tani sekabupaten Cilacap, Kamis 22/9/2022, mulai jam 08.00 wib sampai selesai.

Nampak hadir para tamu antara lain Direktur Bina OP, Gandasawitri Perpaduan Pemulihan insfratruktur, dinas PSDA kabupaten Cilacap, para kelompok Tani, satker OP sekaligus sebagai pelaksana Yahya.

Dalam sambutannya, Kepala BBWS Sungai Citanduy Bambang Hidayah .M.E , menyampaikan terimakasih kepada kelompok Tani P3AI kabupaten Cilacap.

“Intinya adalah program perbaikan saluran jangan sampai berbenturan dengan masa tanam jangan sampai, seperti di Banjar. Alhamdulillah di kabupaten Cilacap semuanya berjalan lancar dan saling mendukung semua pihak termasuk kaum para petani begitu program perbaikan saluran irigasi dilaksanakan  kaum petani juga menyadari tidak memaksakan menanam padi.

Perlu diketahui, pihak Balai juga menyesuaikan juga dengan masa sedang jeda menanam padi, maka pihak Balai mengadakan perbaikan. Jadi tidak benar kalau BBWS memaksakan kehendak untuk melaksanakan perbaikan pada waktu masa tanam,” paparnya.

Mengenai program P3GAI lanjutnya, dikerjakan swakelola yaitu oleh para petani sendiri. Maksud dan tujuannya adalah supaya dalam pelaksanaan pekerjaannya dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya adalah para kelompok itu sendiri.

“Otomatis dalam segi kualitas itu akan bisa diandalkan karena mereka sendiri yang mengerjakan dan mereka sendiri yang akan merasakan manfaatnya dengan sendirinya akan tertanam rasa memiliki dan pasti akan merawat hasil pekerjaan,” ucap Bambang.

Selain itu kata dia, juga akan meningkatkan hasil kapasitas produksi pertanianya, yang biasanya satu tahun sekali panen sekarang bisa menjadi satu tahun 2 atau 3 kali panen.

“Tentunya hasil panen / padinya bisa di jual ini merupakan salah satu untuk meningkatkan perekonomian para petani sendiri. Ketahanan pangan khususnya untuk di kabupaten Cilacap akan stabil,” tegasnya.

Dikesempatan itu, Kepala Balai juga memberikan pantun. ” Bunga Mawar Bunga Melati, Indah Warnanya dan harum baunya”, P3A, GP3A, IP3A Cilacap Kompak dan Sehati, Selalu hadir dan berembuk selamanya.

Ke Manganti lewat simangpak jangan lupa bawa ketupat di UPI Manganti tempat kerja dan rapat dalam menyusun masa tanam yang akurat,” pungkasnya.

Laporan: Asep.s

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

by boodysank/bidiknasional.com/bidiknasional@yahoo.com | Newsphere by AF themes.