07/12/2022

Dicari Karena Berani Dibaca Karena Fakta

KADES MAKERUH DEDY SUMANTRI S.Pd.I BAGI BANTUAN KEPADA KELOMPOK PETERNAK

3 min read

Pemerintah Desa Makeruh Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis menyalurkan bantuan kambing pada kelompok peternak di lapangan sepak bola Desa Makeruh, Selasa 27/09/2022 / Foto dok: Agung

BENGKALIS, BIDIKNASIONAL.com – Pemerintah Desa Makeruh Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, menyalurkan bantuan kambing pada kelompok peternak yang sebelumnya telah terbentuk. Penyaluran dilaksanakan di lapangan sepak bola Desa Makeruh, Selasa 27/09/2022.

Kegiatan penyaluran tersebut turut dihadiri pendampingan Kepala Desa, Ketua BPD, LINMAS, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Kepala Dusun dan Ketua Rt/ Rw se-Desa makeruh, Tokoh Masyarakat, dan tamu undangan.

Kades Makeruh, Dedy Sumantri, S.Pd.I, menerangkan bahwa Desa Makeruh harus bisa menjadi Desa percontohan di seluruh Kecamatan Rupat.

“Tentang kerukunan dan rasa persaudaraan masyarakat, meskipun berbeda – beda keyakinannya, berbeda agama, tetapi bisa bersatu, bersaudara dengan sangat baik,” sebut Kades.

“Semoga Desa Makeruh juga menjadi Desa percontohan di Kecamatan Rupat, untuk itu, agar kita bisa memenggang amanah yang dibebankan begitu berat, ini harus pintarlah kita membangun kepercayaan dengan semua pihak,” imbuhnya.

Selain itu, Dedy Sumantri juga menyampaikan, dalam tahun ini memberi bantuan kepada warga dengan saluran anggaran Dana Desa (DD) agar masyarakat Makeruh peternak sapi dan kambing bisa menunjang ekonomi warga pada saat ini.

Ibarat kata sambungnya, “Nek Kadese pintar bergaul, pinter srawungan, yang untuk masyarakatnya, masyarakate sing seneng, Kades yang baik adalah Kades yang bisa menjalin hubungan baik dengan berbagai kekuatan politik, hasilnya dan manfaatnya bagi masyarakat tentunya, membangun kepercayaan dan menjalin hubungan dengan semua pihak itu tidak mudah,” urainya.

“Mari saling menjaga hubungan dari kepercayaan ini, tidak hanya tugas Kepala Desa, tetapi juga tanggung jawab bersama dengan masyarakat,” pintanya.

Dijelaskan Kades, Hari ini akan diserahterimahkan bantuan bibit ternak dari Pemerintah Desa Makeruh kepada masyarakat, 63 ekor kambing untuk kekelompok ternak di Desa, masing masing kelompok.

“Desa Makeruh sangat potensial dibidang peternakan . Populasi ternak triwulan ini kambing,” Jelasnya.

Maaih kata Kades, Desa Makeruh sangat potensial untuk daerah peternakan kambing, pakannya sangat tercukupi, lahanya luas, iklim dan suhunya bagus. Masyarakatnya rajin, bisa disambi pekerjaan lain, bertani dan berdagang. Bantuan kambing ini adalah bantuan produktif bagi masyarakat.

“Memberi bantuan ternak itu sekarang sedang kita giatkan, peternakan sekitar rumah tangga, sebagai bagian dari membangun ekonomi tingkat mikro di rumah tangga, berbagai upaya kita lakukan, kemarin kita membuat program tani perkarangan, yang maksudnya biar orang orang Desa Makeruh bisa mendapat sayur tidak usah beli, terang Dedy.

Lebih lanjut Dedy menjabarkan,” Kita ingin Desa Makeruh mandiri, bisa berproduksi sendiri, tidak tergantung ke kota, membangun kemandirian masyarakat Desa. Namanya sayur, singkong, beras, jagung, buah, itu bisa diproduksi di Desa, ayo kita tingkatkan kemandirian di desa, programnya salah satunya dengan pola tani pekarangan, dan peternakan rumah tangga, indikator kemandirian diDesa, nah !!!” sekarang terbalik orang Desa belinya di kota” (warung),” ucap Kaded menegaskan.

“Bantuan kambing ini merupakan, “mengajarkan masyarakat mandiri dan produktif”, bila tingkat kemandirian lebih baik, apapun yang menimpa kita, kita punya daya kemampuan untuk menyelesaikannya.

Akhirnya, saya mengajak seluruh masyarakat, maka pembagian kambing ini diurus dengan baik, sehingga maksud dan tujuan tercapai,
Semoga masyarakat Mekeruh bisa lebih sejahtera, berkecukupan lahir batin, masyarakat tentram, penjenengan semua, anak anaknya, dan keluarga, di kagumi bangsa dan negara,” pungkas dedy. (**)

Laporan: Agung Mulyono

Editor: Budi Santoso

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.