JATIMSIDOARJO

Update Nomor Ponsel di Mobile JKN dengan Barcode Ini

Inovasi Barcode Update Nomor Handphone (Foto: SDM Komlik)

SIDOARJO, BIDIKNASIONAL.com – Untuk mempermudah peserta program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melakukan pembaruan nomor ponsel pada aplikasi Mobile JKN, BPJS Kesehatan Sidoarjo memperkenalkan inovasi Barcode Update Nomor Handphone (BUNDO). Inovasi tersebut berupa barcode yang dapat dipindai oleh peserta yang kemudian akan menghubungkan peserta ke sebuah formulir untuk dilengkapi dengan pembaruan nomor ponsel dan alamat email.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo, Yessy Novita menjelaskan bahwa peserta yang hendak melakukan login ke dalam aplikasi Mobile JKN, akan menerima kode verifikasi melalui nomor ponsel atau email. Nomor ponsel atau email tersebut harus yang telah terdaftar pada sistem BPJS Kesehatan.

“Di sinilah kami melihat kebutuhan peserta untuk pembaruan nomor ponsel dan email agar dapat melanjutkan proses login aplikasi Mobile JKN. Dengan adanya inovasi ini, peserta dengan mudah melakukan pembaruan nomor ponsel tanpa harus mendatangi Kantor BPJS Kesehatan sehingga selanjutnya peserta bisa akses Mobile JKN miliknya,” ujar Yessy.

BUNDO telah diimplementasikan di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sidoarjo sejak Bulan Maret 2022. Sampai dengan bulan September 2022, BUNDO telah di akses sebanyak 6.984 dengan tingkat keberhasilan sebesar 89,83%.

“Dengan mengakses barcode tersebut, setelah melakukan pengisian formulir, data peserta JKN akan di proses oleh petugas BPJS Kesehatan maksimal 1×24 jam. Dari 6.984 yang telah mengakses BUNDO, sebanyak 6.274 data berhasil di proses. Data yang gagal dikarenakan data ganda, NIK tidak sesuai, Nomor kartu JKN tidak sesuai atau Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBID) yang diluar wilayah Kabupaten Sidoarjo,” tambah Yessy.

Implementasi BUNDO ini telah terbukti meningkatkan capaian akses Mobile JKN di wilayah kerja Kabupaten Sidoarjo. Selisih capaian akses Mobile JKN mengalami peningkatan sebanyak 2,66% yaitu sebelumnya 223.319 menjadi 235.588.

Salah satu peserta JKN yang telah memanfaatkan BUNDO adalah Wichda Kusnianita. Wichda yang terdaftar sebagai peserta dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) ini merasa puas setelah mengakses BUNDO.

“BUNDO ini sangat mudah diakses dan responnya cepat. Saya cukup mengisi data dan langsung bisa login ke aplikasi Mobile JKN dalam 10 menit. Saya sebagai peserta JKN merasa sangat puas dan sangat terbantu dengan adanya BUNDO ini,” tutur Wichda.

Saat ini inovasi BUNDO sedang dalam tahap pengembangan dan akan disempurnakan dengan fitur lainnya seperti notifikasi apabila pembaruan nomor ponsel dan email telah berhasil dilakukan. Harapannya inovasi ini dapat diimplementasikan lebih luas lagi hingga ke seluruh Indonesia dan dapat membantu peserta JKN yang terkendala saat akan login Mobile JKN.

Laporan: rn/tp/boody

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button