JATIMLAMONGAN

Tingkatkan Layanan Kesehatan Masyarakat Desa, Polindes Karangrejo Lamongan Diresmikan

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi pada Selasa (25/10/2022), meresmikan Polindes di Desa Karangrejo Kecamatan Karanggeneng, Kabupaten Lamongan (Foto: Humas)

LAMONGAN, BIDIKNASIONAL.com – Ditandai dengan pengguntingan untaian bunga, Polindes (Pondok Bersalin Desa) di Desa Karangrejo Kecamatan Karanggeneng diresmikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi. Selasa (25/10).

Hal ini sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat khususnya di tingkat desa.

Ditunjang dengan ruang pemeriksaan dan ruang persalinan, kamar mandi serta ruang tunggu yang nyaman, Polindes Karangrejo juga dilengkapi dengan alat pemeriksaan kesehatan, timbang badan, alat ukur tinggi badan serta tenaga bidan profesional yang dapat dijadikan rujukan pertama oleh masyarakat desa.

Hadirnya Polindes sendiri merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat dalam menyediakan tempat pertolongan persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak, termasuk KB yang mana tempat dan lokasinya berada di desa.

Diungkapkan Pak Yes sapaan akrab Bupati Lamongan, selain mendekatkan fasilitas kesehatan untuk masyarakat, dengan diresmikannya Polindes diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan kesehatan melalui peningkatan sarana dan prasarana di tingkat desa.

“Untuk mendukung infrastruktur kesehatan, Pemkab Lamongan terus meningkatkan kualitas pembangunan manusia salah satunya melalui kesehatan termasuk keberadaan program Home Care Service yang menjadi program unggulan.

Sebagai upaya mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat maupun Polindes yang kondisinya sudah bagus tinggal melengkapi sarana dan prasarana yang belum,” ucap Pak Yes.

Tak hanya meresmikan Polindes Karangrejo, Pak Yes juga mengunjungi Polindes Desa Guci Kecamatan Karanggeneng yang meskipun sangat sederhana namun mampu melayani rata-rata 10 pasien setiap harinya dengan keluhan yang beragam mulai dari diabet, hipertensi, kispa dan keluhan penyakit lainnya.

“Saya juga mampir ke Desa Guci, Alhamdulillah Polindes nya bagus kunjungan sehari bisa 9-10 orang, Polindes Karangrejo juga bagus tinggal pemeliharaannya, mengenalkan dan melayani masyarakat,” imbuhnya.

Melengkapi lawatannya di Kecamatan Karanggeneng, Pak Yes juga meninjau langsung penggunaan dana dusun di tiga lokasi berbeda.

Seperti di Dusun Banjarsari Desa Banjarmadu misalnya, masyarakat memanfaatkan dana dusun untuk pembangunan jalan lingkungan perumahan untuk memperlancar arus transportasi.

Selain di Desa Banjarmadu, masyarakat Dusun Koloputih dan Dusun Setrobanteng Desa banteng Putih dan Desa Guci, dana dusun juga dimanfaatkan untuk pembangunan jalan rabat beton.

“Tahun 2022 ini Alhamdulillah bisa menjalankan berbagai program termasuk Jamula, ini langkah nyata yang kita lakukan untuk melakukan percepatan agar pembangunan segera dilaksanakan mengingat hampir 2 tahun kebelakang kita tidak ada perbaikan infrastruktur akibat Pandemi Covid-19,” tambahnya.

Di Kecamatan Karanggeneng sendiri mendapatkan total dana dusun sebesar 1,225 Milyar dengan jumlah 35 dusun yang tersebar di 18 desa. Dimana masing-masing dusun mendapatkan alokasi Rp 35 juta.

Penulis : Bang IPUL / Tian
Editorial : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button