BANYUWANGIJATIM

Simak Tips Waspada Cuaca Ekstrim oleh Koorpos BASARNAS Banyuwangi Wahyu Setia Budi

Koorpos BASARNAS Banyuwangi Wahyu Setia Budi saat memberikan tips tentang Cuaca Ekstrim akhir-akhir ini (Foto.dok: tim)

BANYUWANGI, BIDIKNASIONAL.com – Cuaca akhir-akhir ini berubah-ubah tak menentu, sperti angin kencang, hujan lebat, tanah longsor, sungai meluap banjir akibat hujan lebat, dan gelombang laut tinggi di wilayah Kabupaten Banyuwangi, dan wilayah Daerah lainnya di Jawa Timur.

Koorpos BASARNAS Banyuwangi Wahyu Setia Budi memberikan tips kepada masyarakat terkait cuaca yang tak menentu dan cenderung ekstrim tentang hal-hal yang dapat dilakukan antaralain;

– Hindari sisi tebing di pinggir tebing bukit, dikarenakan jika terjadi hujan deras bsa terhindar dari kejadian longsor.

– Jika ada aktivitas diperairan utamakan dengan safety alat apung (pelampung) dan jika menemukan cuaca tiba-tiba datang wajib langsung merapat ke daratan, dan untuk pelampung berfungsi jika ada kejadian sampai hujan dan angin yang cukup kencang, kita masih bsa diselamatkan dengan alat safety tersebut.

– Tetap waspada tebing-,tebing yang bisa berpotensi longsor, dan bisa juga melaporkan ke pihak BPBD setempat jika menemukan struktur tanah tebing sudah retak,” terang Wahyu kepada Kepala Biro Banyuwangi bidiknasional.com Minggu (20/11/2022).

Koorpos BASARNAS Banyuwangi Wahyu menambahkan, pihaknya selalu koordinasi, komunikasi dan kolaborasi dengan jajaran Instansi terkait, TNI – POLRI, Lanal Banyuwangi, Kodim 0825 Banyuwangi, Polresta Banyuwangi, Satpolairud Polresta Banyuwangi, BPBD, ASDP, KSOP, serta jajaran Instansi terkait, dan juga kegiatan pelatihan di ketinggian dengan rekan-rekan BPBD, DAMKAR, dalam penanganan musibah Bencana.

” Harapan kedepan untuk tingkat kecelakaan dan musibah Bencana berkurang di Kabupaten Banyuwangi,” tutupnya.

Laporan: j0181/ Tim

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button