BANJARJABAR

Kapolres bersama Forkopimda Kota Banjar Ikuti Rakor Lintas Sektoral Tingkat Pusat Jelang Nataru

Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M. (Foto.dok: hms)

BANJAR, BIDIKNASIONAL.com – Dalam rangka Rakor Lintas Sektoral dalam kesiapan Pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tingkat Pusat, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo, S.H.,S.I.K.,M.M. beserta Forkopimda dan stakeholder mengikuti secara virtual melalui Zoom Meeting bertempat di Aula Presisi Polres Banjar yang dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo,M.Si., Jum’at (16/12/2022).

Kegiatan tersebut dihadiri Kapolres Banjar, Dandim 0613/Ciamis diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Wilde, Danyonif 323/R Letkol Inf Triyono Hadiyanto,S.Sos, Kajari Banjar diwakili oleh Kasi Datun Berlian Vitaria, SH, Kepala Pengadilan Negeri Kota Banjar Agus A, Kepala Pengadilan Agama Kota Banjar diwakili oleh Muhammad Ichsan, Kadispora Kota Banjar diwakili Kasubag Dewi Y, Kabid DKUKMP Kota Banjar, Kadishub Kota Banjar diwakili Kabid Lalin, Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjar diwakili oleh Kasi P dan K Diliyan Novita, Dinkes Kota Banjar, BBWS Citanduy, Kementerian Agama Kota Banjar, Ketua FKUB, Kepala Telkom Kota Banjar, Perwakilan Bank BJB Banjar, Perwakilan BRI Banjar, Jasa raharja, Tokoh Agama Katolik, Tokoh Agama Katolik,Tokoh Agama Protestan, Ketua Orari Lokal Banjar, Ketua Rapi, Pengelola Obyek Wisata Situ Mustika, dengan jumlah yang hadir sekitar 50 orang.

Kegiatan Rakor Lintas Sektoral yang dipimpin oleh Kapolri tersebut dalam rangka kesiapan pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan sederet persiapan yang dilakukan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal ini dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.
Salah satu persiapan yang dilakukan Polri ialah menyiagakan personel guna mengamankan sejumlah tempat ibadah yang bakal digunakan, khususnya umat Kristiani yang merayakan Natal.
Kemudian juga kegiatan mudik menjelang Nataru.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit memprediksi, perkiraan mudik menjelang Nataru ini sekitar 16,8 persen dengan jumlah sekitar 44.000.000 pengguna jalan.

“Hal ini menjadi salah satu yang harus dipersiapkan. Dan diperkirakan sekitar 166.786 Personil yang akan dilibatkan dengan Sandi Operasi Lilin Lodaya 2022 yang dimulai tanggal 22 Desember dengan sasaran, orang, benda atau barang, kegiatan dan lokasi, ” ucap Kapolri.

Setelah kegiatan tersebut Kapolres Banjar mengatakan disiapkan sebanyak 2.629 pos yang terdiri dari Pospam, Posyan dan Pos Terpadu seluruh Indonesia termasuk di wilayah Hukum Polres Banjar.

Pos-pos tersebut disiapkan di seluruh tempat-tempat yang akan disebar dari tempat pusat keramaian seperti pasar, supermarket, tempat beribadah dan tempat-tempat umum lainnya.

“Seperti yang disampaikan oleh Bapak Kapolri menjelang Nataru kita juga harus bisa mendeteksi para pelaku-pelaku pidana tindak kejahatan, di mana dia akan memanfaatkan situasi tersebut termasuk juga secara khusus kita mengawasi kelompok-kelompok radikal yang memang beberapa hari yang lalu muncul lagi. Tentunya kita memiliki target-target yang harus diamankan,” ucap Kapolres Banjar.

Kapolres menambahkan, kerawanan-kerawanan menjelang Nataru harus betul-betul ditingkatkan agar masyarakat benar-benar aman dalam melaksanakan kegiatan ibadah.

Sumber: Humas Polres Banjar

Laporan: Asep.S

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button