PASAMANSUMBAR

Ketua Panitia Pembangunan Jorong Sinoagon Ungkap Banyaknya Pelaku Tambang Ilegal

LSM KPAN Bakal Laporkan Dugaan Tambang Ilegal dan Pengrusakan Kawasan Hutan Lindung di Nagari Cubadak Barat

Dugaan perusakan dan aktifitas penambangan ilegal di jorong sinoagun Nagari Cubadak, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.(22/1/2023)// foto: Rf

PASAMAN, BIDIKNASIONAL.com – Inisial FI ketua panitia pembangunan Jorong Sinoangun akui keterlibatan nya dalam aktifitas tambang emas ilegal di Pasaman.

Sebelum nya Erfan Koordinator infestigasi LSM KPAN Sumatera Barat mengkonfirmasi kepada media perihal wacana pelaporan dugaan perusakan dan aktifitas penambangan ilegal di jorong sinoagun Nagari Cubadak, Kecamatan Duo Koto, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.(22/1/2023).

Erfan mengatakan, “Saya akan membuat laporan perihal perusakan hutan lindung, serta dugaan penambangan emas ilegal, yang disinyalir salah seorang tokoh masyarakat Jorong Sinoangun adalah dalang dibalik peristiwa itu semua, dia juga merupakan ketua panitia pembangunan Jorong Sianangun.

Menanggapi informasi tersebut, awak media mengkonfirmasi kepada pihak terduga yang diketahui berinisial FI, alias Pdn, melalui pesan WhastApp (22/1/2023).

FI, alias Pdn dalam tanggapan nya mengatakan kalau dirinya sedang dirawat disalah satu Rumah Sakit.

“Maaf saya sedang Opname diareal bros, nantilah, sehat dulu baru jumpa kita, yang lain banyak untuk diungkap, maaf ya, ungkap FI, alias Pdn.

FI tidak memberi keterangan perihal siapa yang dia maksud yang lain tersebut, dan beliau juga tidak mengomentari tentang bakal pelaporan dirinya kepihak yang berwajib oleh pihak LSM KPAN.

Ketua panitia pembangunan Jorong Sianangon FI selanjutnya mengakui kalau dirinya telah berhenti melakukan aktifitas penambangan. Menurutnya ada puluhan pelaku tambang diduga ilegal terus beraktifitas di Pasaman.

“Maaf tambang itu banyak, puluhan orang di Pasaman dan Pasaman Barat itu, kalau saya sudah 3 bulan berhenti, ungkap nya mengakui keterlibatan nya pada 3 bulan silam.

Seterus nya, awak media mempertanyakan tentang dugaan keterlibatan dirinya dalam aktifitas pertambangan serta pengrusakan hutan lindung di Sionagon, FI menanggapi nya pendek.

“Gitu aja dulu, saat ini saya sedang berobat dirumah sakit, maaf ya,” tutup nya.

Laporan: Rf

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button