DEPOKJABAR

Tirta Asasta Depok Duduki Peringkat ke 3 Kategori Pelanggan 50.001 s.d. 100.000 Nasional

Kantor pusat PT.Tirta Asasta Kota Depok (foto: Ist)

DEPOK, BIDIKNASIONAL.com – Belum lama ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Cipta Karya Direktorat Air Minum melakukan penilaian kinerja BUMD Air Minum tahun 2020 melalui rilis Buku Kinerja Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Air Minum tahun 2020 sebagai hasil penilaian kinerja tahun buku 2019 terhadap 387 BUMD Air Minum yang ada di Indonesia.

Hasilnya, PT Tirta Asasta Depok di bawah arahan Direktur Utama M. Olik Abdul Holik, A.K. M.Si, terus berprestasi dan untuk penilaian tahun 2022 ini Tirta Asasta menduduki peringkat ke-3 Kategori Pelanggan 50.001 s/d 100.000 tingkat Nasional.

Adapun proses penilaian kinerja BUMD tahun 2022 juga dilakukan melalui 3 tahapan yaitu inventarisasi data, penyelarasan data sebelum dilakukan penghitungan ke dalam formula Penilaian Kinerja BUMD Air Minum dan Penetapan Kategori Kinerja BUMD Air Minum yang selanjutnya dilanjutkan dengan 4 aspek penilaian yaitu aspek keuangan, pelayanan, operasional dan SDM yang dan barulah keluar hasil BUMD Air Minum dengan 3 kategori yaitu sehat, kurang sehat dan sakit.

‘’Dari aspek penilaian kesehatan air, PT Tirta Asasta Kota Depok berada diperingkat 3 dari 206 BUMD Air Minum Nasional dengan Kinerja Tertinggi Pada Kelompok Jumlah Pelanggan 50.001 s.d 100.000 SL dengan nilai 4,06 dan hasil kinerja air yang sehat dengan jumlah pelanggan (SL) sebanyak 85.654,” terang Olik.

“Kami juga terus melakukan inovasi-inovasi yang mendukung peningkatan kinerja, salah satunya yang sudah dikembangkan Tirta Asasta yaitu pengembangan Zona Air Minum, peningkatan kapasitas produksi, sertifikasi ISO 90001:2015, 14001:205 dan ISO 37001’’.

Peringkat ini dianggap cukup baik karena PT. Tirta Asasta Kota Depok pada tahun 2021 berada diperingkat ke-11 dalam skala nasional penilaian kerja BUMD berdasarkan laporan kinerja tahunan yang disusun oleh pemerintah kota/kabupaten sebagai pencapaian Rencana Program Jangka Panjang (RPJMD), dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) atau Key Performance Indicator (KPI). Dalam hal ini, Sekda Kota Depok, Drs. Supian Suri, MM. pun turut meyampaikan apresiasinya terhadap PT Tirta Asasta Kota Depok atas prestasi yang dicapai.

“Hasil yang diraih merupakan kerja keras dari jajaran direksi, senior dan para menejer serta rekan-rekan karyawan/ti Tirta Asasta Depok. Tentu juga tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota Depok, Provinsi hingga Pusat termasuk juga masyarakat Kota Depok,” tambah Olik.

“Dengan pencapaian dan prestasi yang sudah baik ini kami harap bisa menjadi pemacu untuk Tirta Asasta Depok agar menjadi lebih baik lagi untuk kedepannya dan dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan untuk pelanggan dan masyarakat di Kota Depok.’’ pungkasnya.

Laporan: A.Harahap

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button