KALTENGMURUNG RAYA

Tuti Marheni: Penurunan Stunting Perlu Perkuat Koordinasi Semua Stakeholder 

Ketua Komisi I DPRD Mura, Tuti Marheni (Foto: Efendi)

MURUNG RAYA, BIDIKNASIONAL.com – Ketua Komisi I DPRD Murung Raya, Tuti Marheni mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) memperkuat koordinasi melalui OPD konvergensi dengan melakukan pendekatan percepatan penurunan stunting diarahkan pada aspek pencegahan.

“OPD konvergensi harus memperluas sasaran prioritas terutama di sektor hulu, yakni remaja putri, calon pengantin, pasangan usia subur, hingga ibu dan bayi sampai usia lima tahun yang memiliki resiko stunting,” Kata Tuti, Rabu 8 Maret 2023.

Menurutnya, untuk memastikan aksesibilitas layanan bagi seluruh sasaran prioritas tersebut perlu memperkuat koordinasi lintas sektor oleh tim pendamping keluarga, agar memastikan seluruh intervensi tidak hanya diterima, tetapi juga dimanfaatkan oleh sasaran prioritas.

“Dengan memperkuat koordinasi, maka diharapkan pada tahun yang akan datang tidak ada lagi kasus stunting baru di Murung Raya. sehingga, terwujud derajat kesehatan yang lebih baik,” ujarnya.

Dia menuturkan, pencegahan dan penurunan stunting merupakan suatu hal yang sangat penting karena menjadi bagian dari upaya pencapaian visi Murung Raya, yakni terwujudnya Murung Raya sehat, elok, mandiri, aman dan sejahtera. Selain itu, misi kedua yaitu meningkatkan kualitas pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) menuju Murung Raya cerdas.

“Ini harus di dukung  dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, sehingga produktivitas meningkat dan beban pembiayaan pelayanan kesehatan menurun,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Murung Raya, Suwirman menyampaikan bahwa berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI), kasus Balita Stunting di Murung Raya mengalami kenaikan hingga mencapai 40,9%.

“Kabupaten Murung Raya menduduki urutan pertama dari 14 kabupaten/ se- Kalimantan Tengah (Kalteng) paling tinggi kasus Stunting,” pungkasnya. 

Laporan: Efendi

Editor: Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button