JATIMPASURUAN

Miliaran Proyek (PL) Dinas Pertanian Kab. Pasuruan Patut Diawasi

PASURUAN, BIDIKNASIONAL.com – BANYAKNYA paket pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan Satuan Kerja Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Pasuruan melalui metode Pengadaan Langsung (PL) untuk mendapatkan Penyedia Jasa, patut diawasi bersama.

Data yang dihimpun bidiknasional.com terkonfirmasi jika Organisasi Perangkat Daerah dibawah kepemimpinan Ir. Lilik Widji Asri, M.MA melaksanakan 18 paket dengan Nilai Pagu Rp 2,9 miliar.

Sesuai Dokumen Pelaksanaan Anggaran, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tahun APBD 2023, anggaran tersebut di pergunakan untuk membiayai:

  1. Tujuh (7) Paket Pemeliharaan Jaringan Irigasi Usaha Tani, Nilai Pagu Paket Rp. 1,1 miliar; dan.
  2. 11 Paket Pembangunan Jaringan Irigasi Air Tanah, dengan Nilai Pagu Paket Rp. 1,8 miliar.

Tak hanya itu, berdasarkan informasi yang didapat. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian diketahui memiliki 49 paket PL dengan total Nilai Pagu Paket Rp 8 miliar untuk kegiatan:

  1. Pembangunan, Rehabilitasi dan/atu Pemeliharaan Jalan Usaha Tani (JUT).

Adapun nilai pagu dari masing – masing pekrerjaan konstruksi itu bervariasi mulai dari  Rp 96 juta hingga Rp 199 juta per/paketnya.

Paket yang diberi nama Belanja Barang untuk Dijual atau Diserahkan Kepada Masyarakat; itu diketahui bersumber dari Belanja Hibah Pemerintah Daerah Kabupaten Pasuruan.

Bahwa untuk memastikan setiap proses pemilihan Penyedia Barang/Jasa pada Satuan Kerja Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian taat prosedur sesuai Peraturan Perundangan. Pengawasan melekat APIP, APH dan publik sangat dibutuhkan.

Terpisah, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Etin Endarwati saat dikonfirmasi bidiknasional.com perihal Nilai Pagu Paket Pekerjaan Konstruksi Jalan Usaha Tani, enggan berkomentar.

“Wa’alaikumsalam monggo di koordinasi – kan dengan Kabid Sarana Prasarana,” jawab Etin singakat melalui aplikasi WhatsApp, Senin 14 Maret 2023.

Sementara Kabid Sarana Prasarana Hari Mulyono ketika di konfirmasi melalui aplikasi WhatsApp di nomor 081-334-680-***, mengaku sakit.

“jek ijin sakit mas… lusa aj nggih lg istirahat di rmh,” terangnya.

Belum diketahui secara pasti total Nilai Pagu Paket serta jumlah Paket Pekerjaan Konstruksi Jalan Usaha Tani (JUT), pada Satuan Kerja Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Tahun APBD 2023? 

Penulis : Toddy Pras H

Editor  : Budi Santoso

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button